Pengaruh Bimbingan Di Sekolah Dan Konsep Diri Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Pada Siswa Kelas X Dan XI Di SMK Batik 2 Surakarta Tahun Ajaran 2011-2012

Indarjati, Herliany (2012) Pengaruh Bimbingan Di Sekolah Dan Konsep Diri Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Pada Siswa Kelas X Dan XI Di SMK Batik 2 Surakarta Tahun Ajaran 2011-2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (909kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (113kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (178kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (268kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (250kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (521kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Untuk mengetahui pengaruh bimbingan di sekolah terhadap prestasi belajar Ekonomi pada siswa kelas X dan XI di SMK Batik 2 Surakarta; 2) Untuk mengetahui pengaruh konsep diri terhadap prestasi belajar Ekonomi pada siswa kelas X dan XI di SMK Batik 2 Surakarta; 3) Untuk mengetahui pengaruh bimbingan di sekolah dan konsep diri terhadap prestasi belajar Ekonomi pada siswa kelas X dan XI di SMK Batik 2 Surakarta r. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X dan XI yang bermasalah di SMK Batik 2 Surakarta. Sampel diambil sebanyak 72 siswa. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diujicobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berberganda, uji F, uji t, uji R2, dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 50,870 + 0,311X1 + 0,252X2. Persamaan menunjukkan bahwa prestasi belajar ekonomi dipengaruhi oleh bimbingan di sekolah dan konsep diri. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Bimbingan di sekolah berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas X dan XI di SMK Batik 2 Surakarta, dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier berganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 3,647 > 1,995 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,001 dengan sumbangan efektif sebesar 23,8%; 2) Konsep diri berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas X dan XI di SMK Batik 2 Surakarta, dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier berganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 2,766 > 1,995 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,007, dengan sumbangan efektif sebesar 16,5%; 3) Bimbingan di sekolah dan konsep diri berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas X dan XI di SMK Batik 2 Surakarta, dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier berganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu 23,292 > 3,130 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000; 4) Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,403 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh bimbingan di sekolah dan konsep diri terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas X dan XI di SMK Batik 2 Surakarta, adalah sebesar 40,3% sedangkan 59,7% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Di Sekolah, Konsep Diri dan Prestasi Belajar Ekonomi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 23 Jul 2012 08:09
Last Modified: 23 Jul 2012 08:09
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19265

Actions (login required)

View Item View Item