Pengaruh Minat Baca Dan Keterampilan Menggunakan Media Pembelajaran Komputer Terhadap Prestasi Belajar Myob Accounting Pada Siswa Kelas XI Akuntansi SMK Muhammadiyah 2 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012

Jayanti, Ratna Dwi (2012) Pengaruh Minat Baca Dan Keterampilan Menggunakan Media Pembelajaran Komputer Terhadap Prestasi Belajar Myob Accounting Pada Siswa Kelas XI Akuntansi SMK Muhammadiyah 2 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (42MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (178kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (180kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (430kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (190kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (56kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (72kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (72MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (42MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) pengaruh yang signifikan minat baca terhadap prestasi belajar MYOB Accounting pada siswa kelas XI Akuntansi SMK Muhammadiyah 2 Surakarta. 2) pengaruh yang signifikan keterampilan menggunakan media pembelajaran komputer terhadap prestasi belajar MYOB Accounting pada siswa kelas XI Akuntansi SMK Muhammadiyah 2 Surakarta. 3) pengaruh yang signifikan minat baca dan keterampilan menggunakan media pembelajaran komputer terhadap prestasi belajar MYOB Accounting pada siswa kelas XI Akuntansi SMK Muhammadiyah 2 Surakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini mengambil lokasi di SMK Muhammadiyah 2 Surakarta. Dalam penelitian ini yang dijadikan populasi adalah siswa kelas XI Akuntansi SMK Muhammadiyah 2 Surakarta tahun pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear ganda, uji keberartian regresi linear ganda (uji F) dan uji keberartian koefisien regresi linier ganda (uji t), selain itu dilakukan pula perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Kesimpulan penelitian ini adalah 1) Minat baca berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar MYOB Accounting. Berdasarkan analisis diperoleh thitung > ttabel, yaitu 2,473 > 2,074 dengan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,022. 2) Keterampilan menggunakan media pembelajaran komputer berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar MYOB Accounting. Berdasarkan analisis diperoleh thitung > ttabel, yaitu 2,911 > 2,074 dengan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,008. 3) Minat baca siswa dan keterampilan menggunakan media pembelajaran komputer berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar MYOB Accounting. Berdasarkan analisis diperoleh Fhitung > Ftabel, yaitu 11,051 > 3,443 dengan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) Variabel minat baca memberikan sumbangan efektif 22,0%. Variabel keterampilan menggunakan media pembelajaran komputer memberikan sumbangan efektif 28,1%. Berdasarkan besarnya sumbangan efektif nampak bahwa variabel keterampilan menggunakan media pembelajaran komputer memiliki kontribusi yang lebih tinggi terhadap prestasi belajar MYOB Accounting dibandingkan variabel minat baca.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: minat baca, keterampilan menggunakan media pembelajaran komputer dan prestasi belajar MYOB Accounting.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 21 Jul 2012 07:12
Last Modified: 21 Jul 2012 07:12
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19259

Actions (login required)

View Item View Item