Astuti, Agustina Indah Dwi (2012) Pengaruh Pemberian Reward Dan Kedisiplinan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X Jurusan Akuntansi Di Sekolah Menengah Kejuruan Batik 2 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (851kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (119kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (213kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (273kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (218kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (11kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (55kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (563kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Untuk mengetahui pengaruh pemberian reward terhadap prestasi belajar; 2) Untuk mengetahui pengaruh kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar; 3) Untuk mengetahui pengaruh pemberian reward dan kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas X Jurusan Akuntansi di SMK Batik 2 Surakarta. Sampel diambil sebanyak 72 siswa. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diujicobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berberganda, uji F, uji t, uji R2, dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 47,614 + 0,329X1 + 0,356X2. Persamaan menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh pemberian reward dan kedisiplinan belajar. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Pemberian reward berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa Kelas X Jurusan Akuntansi di SMK Batik 2 Surakarta, dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier berganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 3,018 > 1,995 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,004 dengan sumbangan efektif sebesar 14,6%; 2) Kedisiplinan belajar berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa Kelas X Jurusan Akuntansi di SMK Batik 2 Surakarta, dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier berganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 3,434 > 1,995 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,001, dengan sumbangan efektif sebesar 17,9%; 3) Pemberian reward dan kedisiplinan belajar berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa Kelas X Jurusan Akuntansi di SMK Batik 2 Surakarta, dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier berganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu 16,594 > 3,130 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000; 4) Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,325 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh pemberian reward dan kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar siswa Kelas X Jurusan Akuntansi di SMK Batik 2 Surakarta, adalah sebesar 32,5% sedangkan 67,5% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemberian Reward, Kedisiplinan Belajar dan Prestasi Belajar Siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 21 Jul 2012 06:55 |
Last Modified: | 21 Jul 2012 06:55 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19256 |
Actions (login required)
View Item |