Wibowo, Didik Ari (2012) Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Pada Mata Kuliah Kewirausahaan Dan Keaktifan Belajar Mahasiswa Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Ums Angkatan 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02._Halaman_Depan.pdf Download (14MB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf Download (113kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (156kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (356kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV_.pdf Restricted to Repository staff only Download (193kB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (11kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (51kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN_.pdf Restricted to Repository staff only Download (878kB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (6MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Untuk mengetahui pengaruh antara penggunaan media pembelajaran terhadap prestasi belajar mahasiswa program studi pendidikan akuntansi UMS angkatan 2009/2010; 2) Untuk mengetahui pengaruh antara keaktifan belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa program studi pendidikan akuntansi UMS angkatan 2009/2010; 3) Untuk mengetahui pengeruh antara penggunaan media pembelajaran dan keaktifan belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa program studi akuntansi UMS angkatan 2009/2010. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi UMS angkatan 2009/2010. Sampel diambil sebanyak 75 mahasiswa. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diujicobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, uji R2, dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 17,742 + 0,693X1 + 0,602X2. Persamaan menunjukkan bahwa prestasi belajar mahasiswa dipengaruhi oleh penggunaan media pembelajaran dan keaktifan belajar mahasiswa. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Penggunaan media pembelajaran berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi UMS angkatan 2009/2010, dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier berganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 2,893 > 1,993 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,005, dengan sumbangan efektif sebesar 15,5%; 2) Keaktifan belajar mahasiswa berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi UMS angkatan 2009/2010, dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier berganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 3,046 > 1,993 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,003, dengan sumbangan efektif sebesar 16,6%; 3) Penggunaan media pembelajaran dan keaktifan belajar mahasiswa berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi UMS angkatan 2009/2010, dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier berganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu 16,996 > 3,124 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000; 4) Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,321 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh penggunaan media pembelajaran dan keaktifan belajar mahasiswa terhadap prestasi belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi UMS angkatan 2009/2010, adalah sebesar 32,1% sedangkan 67,9% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penggunaan Media Pembelajaran, Keaktifan Belajar Mahasiswa dan Prestasi Belajar Mahasiswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 19 Jul 2012 09:11 |
Last Modified: | 19 Jul 2012 09:11 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19239 |
Actions (login required)
View Item |