Upaya Meningkatlkan Interaksi Sosial Melalui Metode Bermain Peran Pada Anak Play group Alam Matahari-Ku Ngemplak Boyolali Tahun Ajaran 2011/2012

PURWANTI, ENDAH (2012) Upaya Meningkatlkan Interaksi Sosial Melalui Metode Bermain Peran Pada Anak Play group Alam Matahari-Ku Ngemplak Boyolali Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (201kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
03._BAB_I.pdf

Download (27kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (47kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (77kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (114kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
09.LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11._JURNAL_PUBLIKASI.pdf

Download (149kB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan interaksi sosial anak melalui metode bermain peran pada anak di Play group Alam Matahari-Ku Ngemplak Boyolali Tahun Ajaran 2011/2012. Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah anak didik kelompok Pelangi Play group Alam Matahari-Ku Ngemplak Boyolali Tahun Ajaran 2011/2012 sejumlah 16 anak. Data variabel meliputi data kemampuan interaksi sosial dan data pelaksanaan bermain peran. Data kemampuan interaksi sosial dikumpulkan melalui observasi dan catatan lapangan sedangkan data pelaksanaan bermain peran dikumpulkan melalui observasi yang berupa check list. Data kemampuan interaksi sosial dianalisis dengan analisis komparatif dan pelaksanaan bermain peran dengan analisis interaktif. Hasil analisis data menunjukkan peningkatan interaksi sosial yang siknifikan melalui metode bermain peran. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan prosentase interaksi sosial dari pra siklus 52,56%, pada siklus I mencapai 65%, pada siklus II mencapai 74,88%, dan pada siklus III mencapai 80,61%. Dengan demikian metode bermain peran dapat meningkatkan kemampuan interaksi sosial anak kelompok Pelangi di Play group Alam Matahari-Ku Ngemplak Boyolali Tahun Ajaran 2011/2012.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Interaksi Sosial, Metode Bermain Peran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Mrs Esti Handayani
Date Deposited: 18 Jul 2012 11:48
Last Modified: 18 Jul 2012 11:48
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19226

Actions (login required)

View Item View Item