Penerapan Metode Pembelajaran Make A Match Dengan Macromedia Flash Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Dan Keaktifan Siswa Materi Pokok Gerak Pada Tumbuhan Kelas VIII F MTS Negeri Tanon Kabupaten Sragen Tahun Ajaran 2011/2012

Affarudin, Ibnu (2012) Penerapan Metode Pembelajaran Make A Match Dengan Macromedia Flash Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Dan Keaktifan Siswa Materi Pokok Gerak Pada Tumbuhan Kelas VIII F MTS Negeri Tanon Kabupaten Sragen Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._Halaman_depan.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf

Download (155kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (184kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (483kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (244kB)
[img] PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Publikasi)
8._Daftar_pustaka.pdf

Download (145kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._Lampiran_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (27MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11._Naskah_publikasi.pdf

Download (237kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji peningkatan hasil belajar Biologi dan keaktifan siswa dengan menggunakan metode pembelajaran Make a Match dan media pembelajaran Macromedia Flash pada materi gerak pada tumbuhan pada siswa kelas VIII F MTs Negeri Tanon Kabupaten Sragen tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi dengan penerapan metode pembelajaran Make a Match dan media pembelajaran Macromedia Flash yang dilakukan dalam dua siklus. Penelitian diukur dengan dua aspek yaitu kognitif dan afektif pada setiap siklusnya. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa persentase ketuntasan siswa pada siklus I (aspek kognitif meningkat dari observasi awal sebesar 28,13% menjadi 78,1%, dan aspek afektif sebesar 75%). Persentase ketuntasan siswa pada siklus II (aspek kognitif sebesar 90,63%, dan aspek afektif sebesar 97,66%). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran Make a Match dan media pembelajaran Macromedia Flash dapat meningkatkan hasil belajar biologi pada siswa Kelas VIII F MTs Negeri Tanon Kabupaten Sragen tahun ajaran 2011/2012

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran Make a Match, Macromedia Flash, Hasil belajar dan keaktifan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 18 Jul 2012 09:32
Last Modified: 18 Jul 2012 09:32
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19216

Actions (login required)

View Item View Item