Dhamayanti, Grahita (2012) Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Ditinjau Dari Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Dan Pemanfaatan Internet Dalam Proses Pembelajaran Pada Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Sukoharjo Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (690kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (113kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (166kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (252kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (180kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (32kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (53kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI_SKRIPSI.pdf Download (600kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Mengetahui pengaruh pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Sukoharjo tahun ajaran 2011/2012; 2) Mengetahui pengaruh pemanfaatan internet dalam proses pembelajaran terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Sukoharjo tahun ajaran 2011/2012; 3) Mengetahui pengaruh pemanfaatan perpustakaan sekolah dan pemanfaatan internet dalam proses pembelajaran terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Sukoharjo tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Sukoharjo tahun ajaran 2011/2012. Sampel diambil sebanyak 110 siswa, data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diujicobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, uji R2, dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 42,112+ 0,584X1 + 0,362X2. Persamaan menunjukkan bahwa prestasi belajar dipengaruhi oleh pemanfaatan perpustakaan sekolah dan pemanfaatan internet dalam proses pembelajaran. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Pemanfaatan perpustakaan sekolah berpengaruh positif terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Sukoharjo tahun ajaran 2011/2012, dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 7,016 > 1,982 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000 dengan sumbangan efektif sebesar 31,734%; 2) Pemanfaatan internet dalam proses pembelajaran berpengaruh positif terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Sukoharjo tahun ajaran 2011/2012, dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 2,822 > 1,982 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,006, dengan sumbangan efektif sebesar 6,966%; 3) Pemanfaatan perpustakaan sekolah dan pemanfaatan internet dalam proses pembelajaran berpengaruh positif terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Sukoharjo tahun ajaran 2011/2012, dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier ganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu 33,709 > 3,081 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000; 4) Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,387 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh pemanfaatan perpustakaan sekolah dan pemanfaatan internet dalam proses pembelajaran terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Sukoharjo tahun ajaran 2011/2012, adalah sebesar 38,7% sedangkan sisanya sebesar 61,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah, Pemanfaatan Internet dalam Proses Pembelajaran dan Prestasi Belajar Ekonomi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 18 Jul 2012 07:42 |
Last Modified: | 18 Jul 2012 07:42 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19209 |
Actions (login required)
View Item |