Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Ditinjau Dari Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Dan Pemanfaatan Internet Dalam Proses Pembelajaran Pada Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Sukoharjo Tahun Ajaran 2011/2012

Dhamayanti, Grahita (2012) Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Ditinjau Dari Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Dan Pemanfaatan Internet Dalam Proses Pembelajaran Pada Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Sukoharjo Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (690kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (113kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (166kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (252kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (180kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (32kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (53kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI_SKRIPSI.pdf

Download (600kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Mengetahui pengaruh pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Sukoharjo tahun ajaran 2011/2012; 2) Mengetahui pengaruh pemanfaatan internet dalam proses pembelajaran terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Sukoharjo tahun ajaran 2011/2012; 3) Mengetahui pengaruh pemanfaatan perpustakaan sekolah dan pemanfaatan internet dalam proses pembelajaran terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Sukoharjo tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Sukoharjo tahun ajaran 2011/2012. Sampel diambil sebanyak 110 siswa, data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diujicobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, uji R2, dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 42,112+ 0,584X1 + 0,362X2. Persamaan menunjukkan bahwa prestasi belajar dipengaruhi oleh pemanfaatan perpustakaan sekolah dan pemanfaatan internet dalam proses pembelajaran. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Pemanfaatan perpustakaan sekolah berpengaruh positif terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Sukoharjo tahun ajaran 2011/2012, dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 7,016 > 1,982 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000 dengan sumbangan efektif sebesar 31,734%; 2) Pemanfaatan internet dalam proses pembelajaran berpengaruh positif terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Sukoharjo tahun ajaran 2011/2012, dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 2,822 > 1,982 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,006, dengan sumbangan efektif sebesar 6,966%; 3) Pemanfaatan perpustakaan sekolah dan pemanfaatan internet dalam proses pembelajaran berpengaruh positif terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Sukoharjo tahun ajaran 2011/2012, dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier ganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu 33,709 > 3,081 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000; 4) Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,387 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh pemanfaatan perpustakaan sekolah dan pemanfaatan internet dalam proses pembelajaran terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Sukoharjo tahun ajaran 2011/2012, adalah sebesar 38,7% sedangkan sisanya sebesar 61,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah, Pemanfaatan Internet dalam Proses Pembelajaran dan Prestasi Belajar Ekonomi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 18 Jul 2012 07:42
Last Modified: 18 Jul 2012 07:42
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19209

Actions (login required)

View Item View Item