Styasty, Vikayana (2012) Upaya Peningkatan Hasil Belajar Biologi Menggunakan Strategi Card Sort Dipadukan dengan Crossword Puzzle Pada Siswa Kelas X.8 Di SMA Negeri 2 Sukoharjo Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (501kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (655kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (659kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (885kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (490kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (493kB) |
|
PDF (Lampiran )
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Penelitian dilatarbelakangi oleh kondisi pembelajaran siswa kelas X.8 SMA Negeri 2 Sukoharjo yang terdapat kelemahan, antara lain: 1) Siswa ramai saat proses pembelajaran, 2) Siswa kurang memperhatikan pelajaran, 3) Kurangnya kerjasama antar siswa, 4) Hasil belajar siswa rendah, 5) Siswa kurang termotivasi, 6) Siswa pasif dan mudah bosan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada aspek kognitif maupun aspek afektif pada materi plantae kelas X.8 SMA Negeri 2 Sukoharjo Tahun Ajaran 2011/2012 dengan menggunakan strategi card sort dipadukan dengan crossword puzzle. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan (tindakan), observasi dan refleksi yang terlaksana sebanyak 2 siklus. Sumber data diperoleh dari hasil belajar siswa (aspek kognitif) mata pelajaran Biologi dan pengamatan sikap siswa selama proses pembelajaran berlangsung (aspek afektif) antara peneliti dan kolaborator. Penelitian ini diawali menyampaikan materi dengan menggunakan stategi card sort dipadukan dengan crossword puzzle yang diakhiri kesimpulan dan pelaksanaan post-test setiap siklusnya. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar disetiap siklus. Nilai KKM 67, sebelum tindakan sebanyak 24 siswa (57%) yang dapat mencapai nilai KKM, siklus I meningkat menjadi 30 siswa (81%) dan pada sikus II sebesar 36 siswa (97%). Nilai rata-rata kelas sebelum tindakan 66 meningkat pada siklus I yaitu 73 dan pada siklus II menjadi 77. Rata-rata hasil belajar siswa aspek afektif siklus I dan siklus II mengalami peningkatan yaitu siklus I dengan rata-rata 14 (berminat) dan siklus II dengan rata-rata 17 (sangat berminat). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi card sort dipadukan dengan crossword puzzle dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada aspek kognitif dan afektif pada materi plantae kelas X.8 SMA Negeri 2 Sukoharjo Tahun Ajaran 2011/2012.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Card Sort , Crossword Puzzle, Plantae, hasil belajar kognitif, afektif, |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 18 Jul 2012 05:06 |
Last Modified: | 18 Jul 2012 05:21 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19205 |
Actions (login required)
View Item |