Susanti, Susanti (2012) Perbedaan Hasil Belajar Biologi Materi Ekosistem Siswa Melalui Pembelajaran Active Learning Metode Guided Note Taking Dengan Metode Index Card Match Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Pucakwangi Kabupaten Pati Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HLM_DEPAN.pdf Download (383kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (42kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (77kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (136kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (179kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (52kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAPUST.pdf Download (47kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (132kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar Biologi materi ekosistem antara siswa melalui pembelajaran Active Learning metode Guided Note Taking dengan metode Index Card Match siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pucakwangi tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang membandingkan hasil belajar antara metode Guided Note Taking dengan metode Index Card Match. Penelitian diukur dengan menggunakan aspek kognitif dan afektif. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa nilai ratarata kelas yang diajar menggunakan metode Guided Note Taking (71,34) dan ratarata kelas yang diajar menggunakan metode Index Card Match (75,88). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar Biologi materi ekosistem antara siswa melalui pembelajaran Active Learning metode Guided Note Taking dengan metode Index Card Match siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pucakwangi tahun ajaran 2011/2012 (thitung < -ttabel = -2,373 < -1,999) pada taraf signifikansi 5%.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Active Learning, metode Guided Note Taking, metode Index Card Match, hasil belajar. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 17 Jul 2012 09:38 |
Last Modified: | 17 Jul 2012 09:38 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19204 |
Actions (login required)
View Item |