Penerapan Strategi Pembelajaran Active Knowledge Sharing Dengan Media Charta Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIIC MTsN Surakarta II Tahun Ajaran 2011/2012

Handayani, Marita (2012) Penerapan Strategi Pembelajaran Active Knowledge Sharing Dengan Media Charta Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIIC MTsN Surakarta II Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (747kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (22kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (42kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (24kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (89kB)

Abstract

Active Knowlegde Sharing merupakan strategi pembelajaran untuk menarik para peserta didik dengan segera pada materi pelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dari segi kognitif dan segi afektif dengan menggunakan strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing dengan media charta. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri 2 siklus. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dialog awal, perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data melalui metode observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa pada aspek kognitif siklus II yaitu 72,5 (78,6%) atau meningkat 8,81 (3,34%) dibandingkan dengan nilai pada siklus I 63,69 (45,2%), sedangkan pada aspek afektif pada siklus II nilai rata-rata 40,10 (73,8%) termasuk kategori berminat dan meningkat 12,89 (26.2%) dibandingkan dengan nilai siklus I 27,21 (47,6%) termasuk dalam kategori kurang berminat, maka dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing dengan media charta pada siswa dapat meningkatkan hasil belajar biologi yang meliputi aspek kognitif dan aspek afektif.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar (aspek kognitif dan aspek afektif), strategi pembelajaran Active Knowlegde Sharing.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 17 Jul 2012 08:57
Last Modified: 17 Jul 2012 08:57
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19202

Actions (login required)

View Item View Item