Perbandingan Pembelajaran Strategi Question Student Have Dengan Learning Starts With A Question Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Pokok Materi Tumbuhan Tingkat Tinggi Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Sukoharjo Tahun Ajaran 2011/2012

Krisnawati, Adelia Indah (2012) Perbandingan Pembelajaran Strategi Question Student Have Dengan Learning Starts With A Question Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Pokok Materi Tumbuhan Tingkat Tinggi Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Sukoharjo Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (287kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_1.pdf

Download (23kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (64kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (887kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (14kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan strategi Question Student Have dan strategi Learning Starts With A Question siswa kelas X SMA Negeri 2 Sukoharjo. Subyek pada penelitian ini adalah siswa kelas X2, X5 dan X6 SMA Negeri 2 Sukoharjo yang masing-masing kelas berjumlah 36 siswa. Penelitian ini membandingkan hasil belajar siswa dari penerapan strategi pembelajaran Question Student Have dengan strategi pembelajaran Learning Starts With A Question. Penilaian ditinjau dari aspek kognitif dan aspek afektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa pada penerapan strategi pembelajaran Question Student Have (aspek kognitif 82,19 dan aspek afektif 11,42), nilai Learning Starts With A Question (aspek kognitif 76,25 dan aspek afektif 9,72), nilai konvensional (aspek kognitif 66,89 dan aspek afektif 7,39). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa antara pembelajaran menggunakan strategi Question Student Have dan strategi Learning Starts With A Question. Question Student Have lebih baik daripada strategi Learning Starts With A Question dan strategi Learning Starts With A Question lebih baik daripada strategi Konvensional.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar (aspek kognitif dan afektif), Strategi Learning Starts With A Question dan Question Student Have.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 17 Jul 2012 08:32
Last Modified: 17 Jul 2012 08:32
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19201

Actions (login required)

View Item View Item