Pengelolaan Pembelajaran Sekolah Rsbi Di SMP Negeri 1 Purwodadi Berbasis MBS (Manajemen Berbasis Sekolah)

Rini, Prastya (2012) Pengelolaan Pembelajaran Sekolah Rsbi Di SMP Negeri 1 Purwodadi Berbasis MBS (Manajemen Berbasis Sekolah). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (705kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (41kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (56kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (25kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (123kB)
[img] PDF (Bab V)
07.BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (17kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi )
11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (85kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah adanya otonomi pendidikan yang diberikan pemerintah kepada sekolah melalui penerapan MBS yang berhubungan dengan tujuan sekolah untuk mencetak lulusan bermutu melalui pembelajaran di kelas yakni dengan pengelolaan pembelajaran yang dilakukan setiap guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) karakteristik pengelolaan pembelajaran sekolah RSBI, (2) karakteristik MBS SMPN 1 Purwodadi, dan (3) korelasi antara MBS dan pengelolaan pembelajaran sekolah RSBI SMPN 1 Purwodadi. Penelitian ini termasuk dalam penelitian deskriptif kualitatif, dengan desain penelitian etnografi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif. Metode pengambilan data dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa pengelolaan pembelajaran sekolah RSBI melalu 3 tahap yakni persiapan (pembuatan perangkat pembelajaran dengan dua bahasa/bilingual), tahap pelaksanaan PBM yang dilakukan dengan bilingual, dan tahap evaluasi, penyusunan rencana pembelajaran dan pelaksanaan PBM didasarkan pada kurikulum sekolah SBI dan standar yang ditetapkan sekolah sesuai MBS di SMP N 1 Purwodadi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengelolaan pembelajaran sekolah RSBI melalui tiga tahap yang kesemuanya didasarkan pada standar SBI, kurikulum SBI dan disesuaikan dengan standar yang telah ditentukan sekolah sesuai MBS guna mencapai tujuan sekolah SBI.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan Pembelajaran Sekolah RSBI, Manajemen Berbasis Sekolah (MBS)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 17 Jul 2012 05:45
Last Modified: 17 Jul 2012 05:45
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19197

Actions (login required)

View Item View Item