Rini, Prastya (2012) Pengelolaan Pembelajaran Sekolah Rsbi Di SMP Negeri 1 Purwodadi Berbasis MBS (Manajemen Berbasis Sekolah). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (705kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf Download (41kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (56kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (25kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (123kB) |
||
PDF (Bab V)
07.BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (20kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (17kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi )
11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (85kB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah adanya otonomi pendidikan yang diberikan pemerintah kepada sekolah melalui penerapan MBS yang berhubungan dengan tujuan sekolah untuk mencetak lulusan bermutu melalui pembelajaran di kelas yakni dengan pengelolaan pembelajaran yang dilakukan setiap guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) karakteristik pengelolaan pembelajaran sekolah RSBI, (2) karakteristik MBS SMPN 1 Purwodadi, dan (3) korelasi antara MBS dan pengelolaan pembelajaran sekolah RSBI SMPN 1 Purwodadi. Penelitian ini termasuk dalam penelitian deskriptif kualitatif, dengan desain penelitian etnografi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif. Metode pengambilan data dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa pengelolaan pembelajaran sekolah RSBI melalu 3 tahap yakni persiapan (pembuatan perangkat pembelajaran dengan dua bahasa/bilingual), tahap pelaksanaan PBM yang dilakukan dengan bilingual, dan tahap evaluasi, penyusunan rencana pembelajaran dan pelaksanaan PBM didasarkan pada kurikulum sekolah SBI dan standar yang ditetapkan sekolah sesuai MBS di SMP N 1 Purwodadi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengelolaan pembelajaran sekolah RSBI melalui tiga tahap yang kesemuanya didasarkan pada standar SBI, kurikulum SBI dan disesuaikan dengan standar yang telah ditentukan sekolah sesuai MBS guna mencapai tujuan sekolah SBI.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengelolaan Pembelajaran Sekolah RSBI, Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 17 Jul 2012 05:45 |
Last Modified: | 17 Jul 2012 05:45 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19197 |
Actions (login required)
View Item |