Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Giving Question And Getting Answer Dengan Menggunakan Powerpoint Pada Mata Pelajaran Biologi Materi Tumbuhan Paku (Pteridophyta) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X3 SMA Muhammadiyah 3 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012

Putra, Arga Wahyu Purnama (2012) Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Giving Question And Getting Answer Dengan Menggunakan Powerpoint Pada Mata Pelajaran Biologi Materi Tumbuhan Paku (Pteridophyta) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X3 SMA Muhammadiyah 3 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (770kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (167kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (225kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (119kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (367kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (184kB)
[img] PDF (Lampiran )
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (282kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil proses pembelajaran biologi siswa kelas X3 SMA Muhammadiyah 3 Surakarta tahun ajaran 2011/2012 pada materi Tumbuhan paku (Pteridophyta) melalui penerapan strategi pembelajaran Giving Question and Getting Answer dengan Powerpoint. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi dan evaluasi yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai siklus terakhir dimana siklus terakhir merupakan hasil peningkatan yang mencapai 96% dari jumlah siswa menggunakan strategi pembelajaran Giving Question and Getting Answer menggunakan powerpoint, dimana analisis ini melalui metode alur yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adnya peningkatan disetiap siklus. Pada siklus 1, rata-rata kelas dari hasil belajar kognitif siswa sebesar 80,36 dengan prosentase siswa yang mencapai nilai KKM 54,17% (17 Siswa), hasil belajar pada aspek afektif yang mencapai nilai rata-rata 3 sebesar 44% (sebanyak 11 siswa). Pada siklus II hasil pembelajaran meningkat, yaitu rata-rata kelas dari hasil belajar kognitif siswa meningkat sebesar 93,4 dengan prosentase siswa yang mencapai nilai KKM sebesar 96% (24 siswa), hasil belajar pada aspek afektif yang mencapai nilai rata-rata 3 meningkat sebesar 88% (22 siswa). Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Giving Question and Getting Answer menggunakan powerpoint dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam aspek kognitif dan afektif.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Giving Question and Getting Answer, Powerpoint, Hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 16 Jul 2012 09:23
Last Modified: 16 Jul 2012 09:23
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19196

Actions (login required)

View Item View Item