Fhadilah, Anan (2012) Perbandingan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 8 surakarta Menggunakan Strategi Pembelajaran What? So What? Now how? Dengan media Pembelajaran Model Ekosistem Buatan Materi Saling Ketergantungan Dalam Ekosistem Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf Download (547kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (47kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (118kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (69kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (382kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (52kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf Download (14kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran-lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf Download (151kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara siswa laki-laki dan siswa perempuan kelas VII SMP Muhammadiyah 8 Surakarta menggunakan strategi pembelajaran What? So What? Now How? dengan media pembelajaran model ekosistem buatan pada materi saling ketergantungan dalam ekosistem tahun ajaran 2011/2012. Hasil belajar siswa pada penelitian ini ditekankan pada perbedaan hasil belajar kognitif dan afektif. Penelitian ini mengambil lokasi di SMP Muhammadiyah 8 Surakarta. Bentuk penelitian ini adalah eksperimen pendidikan. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Muhammadiyah 8 Surakarta. Sampel pada penelitian ini adalah siwa kelas VII SMP Muhammadiyah 8 Surakarta yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas VII A (kelas perempuan) sebagai kelas eksperimen I sebanyak 24 siswa dan kelas VII B (kelas laki-laki) sebagai kelas eksperimen II sebanyak 31 siswa. Tehnik penentuan sampel pada penelitian ini adalah nonprobability sampling jenis purposive sampling. Tehnik pengumpulan data hasil belajar siswa dengan metode observasi, dokumentasi, dan tes. Analisis data sebelum uji hipotesis dilakukan uji normalitas dan homogenitas, uji hipotesis dengan uji non parametrik dengan tipe 2-Independent Sample Test (Mann-Whitney) U. Hasil analisis data menggunakan 2-Independent Sample Test (Mann-Whitney U) diperoleh nilai signifikansi = 0,001 dan nilai probabilitas = 0,05, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar biologi antara siswa perempuan (kelas VII A) dengan siswa laki-laki (kelas VII B) SMP Muhammadiyah 8 Surakarta tahun ajaran 2011/2012 dengan menggunakan strategi pembelajaran What? So What? Now How? dan media model ekosistem buatan terdapat perbedaan yang signifikan. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan nilai rata-rata hasil belajar kognitif kelas VII A sebesar 66,5 kelas VII B sebesar 79,35. Nilai rata-rata hasil belajar afektif kelas VII A sebesar 7,21 kelas VII B sebesar 6,94, maka dapat disimpulkan nilai rata-rata hasil belajar kognitif lebih tinggi kelas VII B, sedangkan nilai rata-rata hasil belajar afektif lebih tinggi kelas VII A. Berdasarkan hasil penelitian tersebut diperoleh kesimpulan bahwa strategi What? So What? Now How? dengan media model ekosistem buatan pada materi saling ketergantungan dalam ekosistem lebih efektif diterapkan di kelas VII B SMP Muhammadiyah 8 Surakarta tahun ajaran 2011/2012
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil belajar siswa perempuan dan siswa laki-laki, strategi pembelajaran What? So What? Now How?, media model ekosistem buatan. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 16 Jul 2012 08:49 |
Last Modified: | 16 Jul 2012 08:49 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19195 |
Actions (login required)
View Item |