Rofi’ah, Desika Nur (2012) Pendekatan SAVI untuk Meningkatkan Kemampuan Memahami Makna Leksikal dan Makna Gramatikal dalam Teks Berita pada Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Plupuh Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (300kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf Download (26kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (60kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (58kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (18kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (15kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
||
|
PDF (Naskah Publkasi)
11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (76kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Memaparkan peningkatan kemampuan memahami makna leksikal dan makna gramatikal dalam teks berita dengan pendekatan SAVI pada siswa kelas XI SMK Negeri 1 Plupuh tahun ajaran 2011/2012, (2) Memaparkan peningkatan keaktifan belajar siswa kelas XI SMK Negeri 1 Plupuh tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang setiap siklusnya dilakukan dalam empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI TB A SMK negeri 1 Plupuh yang berjumlah 39 siswa. Hasil penelitian ini: a) Peningkatan pada saat pembelajaran memahami makna leksikal dan makna gramatikal dapat dilihat dari pemerolehan nilai rata-rata siswa mulai dari prasiklus hingga siklus II. Nilai rata-rata yang diperoleh siswa pada prasiklus sebesar 69,15, siklus sebesar 73,4 dan siklus II sebesar 77,8 dengan rata-rata lebih dari KKM yaitu sebesar 73, b) Peningkatan juga terlihat dari keaktifan siswa pada saat pembelajaran. Pada prasiklus skor rata-rata yang diperoleh siswa sebesar 9 dengan kategori kurang berminat, siklus I sebesar 11 dengan kategori berminat dan siklus II sebesar 13 dengan kategori sangat berminat. Hal ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran ini berhasil karena sudah mencapai indikator yang ditetapkan yaitu keaktifan siswa dalam pembelajaran membaca pemahaman dengan pendekatan SAVI dinyatakan berhasil apabila siswa yang aktif memperoleh skor rata-rata sebesar 10-15 dengan kategori berminat sampai sangat berminat. kesimpulan penelitian ini adalah bahwa pendekatan SAVI dapat meningkatkan kemampuan memahami makna leksikal dan makna gramatikal
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | membaca pemahaman, makna leksikal, makna gramatikal, pendekatan SAVI |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 14 Jul 2012 05:52 |
Last Modified: | 14 Jul 2012 09:07 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19179 |
Actions (login required)
View Item |