Wijayanti, Tri Maulida (2012) Analisis Kesalahan Berbahasa Bidang Fonologi Cerpen Berdasarkan Peristiwa Yang Dialami Siswa Kelas IXA SMP Muhammadiyah 8 Surakarta Tahun Ajaran 2011/ 2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (946kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (96kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (135kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (93kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (426kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (56kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (132kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
JURNAL.pdf Download (400kB) |
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah mendeskripsikan wujud kesalahan berbahasa bidang fonologi pada cerpen berdasarkan peristiwa yang dialami siswa kelas IXA SMP Muhammadiyah 8 Surakarta dan mengidentifikasi besar persentase kesalahan berbahasa bidang fonologi pada cerpen berdasarkan peristiwa yang dialami siswa kelas IXA SMP Muhammadiyah 8 Surakarta. Penelitian ini mengambil lokasi di SMP Muhammadiyah 8 Surakarta. Data dalam penelitian ini yaitu semua kalimat dan paragraf yang mengandung kesalahan penggunaan huruf, kesalahan penulisan partikel, klitik, lambang bilangan, kesalahan penyukuan, dan kesalahan penulisan penggabungan kata pada cerpen berdasarkan peristiwa yang dialami siswa kelas IXA SMP Muhammadiyah 8 Surakarta. Sumber data dalam penelitian ini adalah berupa cerpen berdasarkan peristiwa yang dialami siswa kelas IXA SMP Muhammadiyah 8 Surakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, dokumentasi, simak, dan catat. Teknik observasi dalam penelitian ini digunakan untuk mengetahui jumlah cerpen siswa sehingga dapat digunakan untuk sampel, kemudian mengambil data dari cerpen yang ditulis siswa berdasarkan peristiwa yang dialami, selanjutnya dilakukan dengan menyimak kesalahan berbahasa bidang fonologi pada cerpen siswa, kemudian mencatat, dan mengelompokkan data sesuai analisis kesalahan berbahasa bidang fonologi. Teknik analisis yang digunakan adalah metode padan intralingual. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan menjadi beberapa hal (1) wujud kesalahan bidang fonologi pada cerpen berdasarkan peristiwa yang dialami siswa kelas IXA SMP Muhammadiyah 8 Surakarta yaitu, kesalahan penggunaan huruf (penggunaan huruf kapital dan penggunaan huruf miring), penulisan partikel, klitik, lambang bilangan, penyukuan, dan penggabungan kata (2) menghasilkan besar persentase kesalahan berbahasa pada bidang fonologi, yaitu kesalahan penggunaan huruf sebesar 84,08 % (kesalahan penggunaan huruf kapital sebesar 79,54 % dan kesalahan penggunaan huruf miring sebesar 4,54 %), kesalahan penulisan partikel sebesar 7,14 %, klitik sebesar 8,11 %, lambang bilangan sebesar 0,32 %, kesalahan penyukuan sebesar 0,64 %, dan kesalahan penggabungan kata sebesar 2,92 %. Tingkat kesalahan tertinggi terdapat pada kesalahan penggunaan huruf 84,08 % dan kesalahan terendah terdapat pada kesalahan lambang bilangan yaitu sebesar 0,32 %.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kesalahan, huruf, cerpen, dan fonologi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 13 Jul 2012 09:24 |
Last Modified: | 13 Jul 2012 09:24 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19175 |
Actions (login required)
View Item |