Novitasari, Riyani (2012) Aplikasi Metode Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) Dalam Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Ekonomi Pada Siswa Kelas XI IPS 1 Semester Genap Tahun Ajaran 2011/2012 SMA N Karangpandan. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan )
02._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (40MB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._BAB_1.pdf Download (193kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (304kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (263kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (238kB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (92kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (86kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (184MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (9MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa melalui metode Numbered Heads Together (NHT) pada pembelajaran ekonomi. Jenis penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dengan menggunakan dua siklus. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas XI IPS 1 SMA N Karangpandan yang berjumlah 33 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan tiga tahap yaitu reduksi data, paparan data, penyimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran ekonomi. Hal ini dapat dilihat dari indikator keaktifan : (1) mengajukan pertanyaan sebelum tindakan sebesar 12%, putaran I sebesar 15,15%, putaran II sebesar 18,18%. (2) menjawab pertanyaan sebelum tindakan sebesar 6%, putaran I sebesar 9,09%, putaran II sebesar 15,15%. (3) mengerjakan soal ke depan kelas sebelum tindakan sebesar 24%, putaran I sebesar 27,27%, putaran II sebesar 30,30%. (4) mengemukakan pendapat sebelum tindakan sebesar 6%, putaran I sebesar 9,09%, putaran II sebesar 15,15%. (5) presentasi kelompok sebelum tindakan sebesar 9,09%, putaran I sebesar 9,09%, putaran II sebesar 12,12%. Hasil belajar ekonomi siswa yang nilainya mencapai standar ketuntasan KKM 74 sebelum tindakan sebesar 12,12%, putaran I sebesar 57,57%, putaran II sebesar 87,87%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa aplikasi metode pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran ekonomi.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Numbered Heads Together (NHT), keaktifan, hasil belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 12 Jul 2012 06:59 |
Last Modified: | 12 Jul 2012 08:31 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19168 |
Actions (login required)
View Item |