Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Jurnal Penyesuaian Melalui Implementasi Pembelajaran Kooperatif Dengan Tutor Sebaya Pada Siswa Kelas X Akuntansi Sekolah Menengah Kejuruan Batik 1 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012

Utami, Aprilia Adi (2012) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Jurnal Penyesuaian Melalui Implementasi Pembelajaran Kooperatif Dengan Tutor Sebaya Pada Siswa Kelas X Akuntansi Sekolah Menengah Kejuruan Batik 1 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
.HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (249kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (121kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (162kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (185kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (229kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (101kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (160kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (588kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (250kB)

Abstract

Dalam melakukan proses pembelajaran guru dapat memilih dan menggunakan beberapa metode mengajar. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam menyelesaikan materi jurnal penyesuaian, 2) Untuk mengetahui pemahaman siswa tentang materi jurnal penyesuaian. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindak kelas. Upaya pemecahan masalah dalam penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan langkah – langkah sebagai berikut : (1) Perencanaan tindakan, (2) Pelaksanaan tindakan, (3) Pengamatan dan (4) Refleksi. Teknik pengumpulan data yaitu observasi dan dokumentasi. Analisis data dari penelitian ini dengan cara deskripsi kualitatif yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai siklus II. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran tutor sebaya dapat meningkatkan hasil belajar siswa pokok bahasan jurnal penyesuaian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum tindakan didapat hasil belajar siswa yang dinyatakan tuntas sebesar 27,9 % atau 12 siswa dan yang dinyatakan belum tuntas sebesar 72,1 % atau 31 siswa, pada siklus I meningkat yang dinyatakan tuntas sebesar 51,2 % atau 22 siswa dan 48,8 % attar 21 siswa dinyatakan belum tuntas, dan pada siklus II juga meningkat menjadi 79,1 % atau 34 siswa dinyatakan tuntas dan 20,9 % atau 9 siswa dinyatakan belum tuntas. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan metode pembelajaran tutor sebaya dapat meningkatkan hasil belajar siswa sebesar 34 siswa atau 79,1 %

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran tutor sebaya meningkatkan hasil belajar siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 11 Jul 2012 07:15
Last Modified: 11 Jul 2012 08:24
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19162

Actions (login required)

View Item View Item