Putra, Jaka Permata (2012) Penerapan Metode Pembelajaran Diskusi Tipe Buzz Group Dengan Media Permainan Crossword puzzle Untuk Meningkatkan Keaktifan Dalam Pembelajaran Ekonomi Pada Siswa Kelas VIII.6 SMP Negeri 1 Grobogan Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02._Halaman_Depan.pdf Download (2MB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf Download (117kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (219kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (133kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (258kB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (98kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (111kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
11._Naskah_Publikasi.pdf Download (252kB) |
Abstract
Tujuan Penelitian Tindakan Kelas Ini adalah dengan penerapan metode pembelajaran diskusi tipe Buzz Group dengan media permainan Croosword Puzzle untuk meningkatkan keaktifan dalam pembelajaran ekonomi pada siswa kelas VIII.6 SMP Negeri 1 Grobogan Tahun Ajaran 2011/2012. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dengan model interaktif yang terdiri 3 kegiatan yaitu reduksi data, pengumpulan data, penarikan kesimpulan. Prosedur dalam Penelitian ini ada empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus dimana tiap siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan yang bertujuan untuk memperoleh data peningkatan keaktifan dalam pembelajaran ekonomi siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum tindakan diperoleh rata – rata tingkat keaktifan sebesar 24,32%. Pada siklus I tingkat rata – rata keaktifan siswa meningkat menjadi 59,58%. Pada siklus II tingkat rata – rata keaktifan siswa meningkat menjadi 85,51%. Berdasarkan data hasil penelitian tindakan kelas tersebut maka dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan metode pembelajaran diskusi tipe Buzz Group dengan media permainan Crossword Puzzle dapat meningkatkan keaktifan dalam pembelajaran ekonomi pada siswa kelas VIII.6 SMP Negeri 1 Grobogan Tahun Ajaran 2011/2012 diterima kebenarannya
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode pembelajaran diskusi tipe Buzz Group dengan media permainan Crossword Puzzle, Keaktifan, Pembelajaran Ekonomi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 11 Jul 2012 06:15 |
Last Modified: | 11 Jul 2012 08:39 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19159 |
Actions (login required)
View Item |