Penerapan Strategi Pembelajaran Inquiring Minds Want To Know (Menggali Pikiran Ingin Tahu) Dengan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Pokok Bahasan Ekosistem Pada Siswa Kelas VII E SMP Negeri 1 Gondangrejo Karanganyar Tahun Ajar 2011/2012

Rochmawati, Nunung (2012) Penerapan Strategi Pembelajaran Inquiring Minds Want To Know (Menggali Pikiran Ingin Tahu) Dengan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Pokok Bahasan Ekosistem Pada Siswa Kelas VII E SMP Negeri 1 Gondangrejo Karanganyar Tahun Ajar 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (199kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (27kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (71kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (116kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan : keaktifan dan hasil belajar biologi siswa kelas VII E SMP Negeri 1 Gondangrejo Karanganyar pada pokok materi Ekosistem, Tahun Ajaran 2011/2012 dengan menerapkan strategi pembelajaran Inquiring Minds Want To Know (Menggali Pikiran Ingin Tahu) Dengan Media Gambar. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, refleksi, dan evaluasi dengan menggunakan strategi pembelajaran aktif yang dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kualitatif yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai dengan siklus II melalui tiga tahapan yakni reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan dan hasil belajar di setiap siklus. Rata-rata kelas hasil belajar aspek kognitif siklus I sebesar 68,59 dengan prosentase ketuntasan 40,63%, siklus II sebesar 78,91 dengan prosentase ketuntasan 75%. Rata-rata kelas hasil belajar aspek afektif siklus I sebesar 12,19 (termasuk katagori berminat), siklus II ranah afektif sebesar: 14,03 (termasuk kategori berminat). Sedangkan prosentase afektif siswa yang bekerjasama dalam kelompok pada siklus I mencapai 37,5%, pada siklus II meningkat sebesar 53,13%, keberanian siswa dalam menjawab pertanyaan dan mengemukakan pendapat pada siklus I mencapai 18,75%, pada siklus II sebesar 31,25%, perhatian siswa saat guru menjelaskan pada siklus I sebesar 37,5%, pada siklus II sebesar 75%, keaktifan dalam bekerja sistematis siklus I sebesar 34,38%, siklus II mengalami peningkatan menjadi 56,25%. Berdasarkan dari penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Inquiring Minds Want To Know (Menggali Pikiran Ingin Tahu) Dengan Media Gambar dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar biologi materi organisasi kehidupan pada siswa kelas VII E SMP Negeri 1 Gondangrejo Karanganyar Tahun Ajaran 2011/2012.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: strategi pembelajaran Inquiring Minds Want To Know (Menggali Pikiran Ingin Tahu) Dengan Media Gambar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 10 Jul 2012 09:28
Last Modified: 10 Jul 2012 09:28
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19155

Actions (login required)

View Item View Item