Penggunaan Media Puzzle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPA Di Kelas V SDN I Jatipurwo Tahun 2011/2012

Prabowo, Rendra Ari (2012) Penggunaan Media Puzzle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPA Di Kelas V SDN I Jatipurwo Tahun 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan )
1._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (349kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
2._BAB_I.pdf

Download (154kB)
[img] PDF (Bab II)
3._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (403kB)
[img] PDF (Bab III)
4._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (180kB)
[img] PDF (Bab IV)
5._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (364kB)
[img] PDF (Bab V)
6._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
7._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (86kB)
[img] PDF (Lampiran)
8._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
10._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (353kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPA dengan menggunakan media Puzzle pada siswa kelas V SDN I Jatipurwo tahun 2011/2012. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SDN I Jatipurwo yang berjumlah 32 siswa, terdiri dari 20 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan melalui model alur dengan urutan : reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah meningkatnya hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan persentase hasil belajar siswa dari prasiklus, siklus I sampai siklus II. Pada pra siklus jumlah siswa yang mencapai KKM adalah sebanyak 43,75% dari jumlah siswa kelas V atau 14 siswa, meningkat 15,62% pada siklus I menjadi 59,37 % atau 19 siswa. Pada siklus II jumlah siswa yang mencapai KKM sebanyak 81,25 % atau 26 siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media Puzzle dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPA di kelas V SDN I Jatipurwo tahun 2011/2012

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, media puzzle
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 05 Jul 2012 07:05
Last Modified: 05 Jul 2012 07:53
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19140

Actions (login required)

View Item View Item