Sundari, Sundari (2012) Peningkatan Rasa Percaya Diri Melalui Bermain Peran Pada Anak Kelompok B Di TK Pertiwi 03 Tambak Mojosongo Boyolali Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (185kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf Download (17kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (52kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (30kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (55kB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (13kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (8kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
11._NASKAH_PUBLIKASI_SUNDARI.pdf Download (88kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan rasa percaya diri anak melalui bermain peran.Penelitian menggunakan Penelitian Tidakan Kelas / PTK dilakukan pada Kelompok B di TK Pertiwi03 Tambak Mojosongo Boyolali tahun Pelajaran 2011/2012.Subyek penelitian ini adalah anak Kelompok BTK Pertiwi 03 Tambak Mojosongo Boyolali sejumlah 20 anak. Penelitian ini sudah dilaksanakan melalui tiga siklus yaitu siklus I, siklus II, siklus III.Data peningkatan rasa percaya diri dikumpulkan melalui observasi dan catatan lapangan. Data percaya diri dianalisis menggunakan analisis komparatif yaitu membamdingkan rata – rata capaian anak dengan indikator kinerja, dan bermain peran dianalisis menggunakan analisis interaktif yaitu menganalisis kelebihan dan kekurangan untuk dapat melanjutkan kepenelitian selanjutnya.Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan rasa percaya diri anak melalui bermain peran. Sebelum dilakukan tindakan Prasilkus, rasa percaya diri anak berada pada 41%. Setelah dilakukan tindakan dengan menggunakan permainan bermain peran, rasa percaya diri anak menunjukkan peningkatan yakni pada siklus I mencapai 52%, siklus II mencapai 74%, dan siklus III mencapai 84%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bermain peran dapat meningkatkan rasa percaya diri anak pada kelompok B di TK pertiwi 03 Tambak Mojosongo Boyolali.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Rasa percaya diri, Bermain peran |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 03 Jul 2012 09:32 |
Last Modified: | 03 Jul 2012 09:32 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19131 |
Actions (login required)
View Item |