Sandrayani, Erika (2012) Pemetaan Soal-Soal Ujian Nasional Matematika SMP/MTs (Analisis validitas isi dan aspek kognitif tahun ajaran 2009/2010 dan 2010/2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
Hal_depan.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (76kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (334kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (17kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (275kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (98kB) |
||
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (83kB) |
||
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
naskah_KU_2.pdf Download (187kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi penyebaran soal-soal ujian nasional matematika SMP/ MTs tahun 2009/2010 dan 2010/2011 yang ditinjau dari analisis validitas isi dan aspek kognitif. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan dengan mengidentifikasi kemudian memetakan soal-soal UN berdasarkan pedoman yang telah dipersiapkan, yaitu memetakan soal-soal UN ke dalam validitas isi menurut BSNP dan memetakan soal-soal UN ke dalam aspek kognitif menurut studi TIMSS Mathematics Framework 2011. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data pada setiap sampel soal, yaitu penentuan tahun ajaran, penentuan soal-soal ujian nasional, dan penggunaan data. Hasil dari penelitian tersebut adalah 1) Soal-soal UN mata pelajaran matematika tingkat SMP/MTs tahun pelajaran 2009/2010 dan 2010/2011 tersebar merata baik dari aspek kognitif menurut penilaian TIMSS 2011 maupun validitas isi terhadap kurikulum nasional. 2) Persentase perbandingan masing-masing aspek berbeda. Dalam kaitannya dengan aspek kognitif, soal-soal tersebut tersebar dalam 3 cognitive domains yang pertama yaitu Knowing (pengetahuan), Applying (penerapan), dan Reasoning (penalaran). Dan dalam validiitas isi tersebar dalam empat topik, yaitu bilangan, aljabar, geometri dan pengukuran, statistika dan peluang. 3) Kelemahan soal-soal UN matematika SMP/MTs tahun pelajaran 2009/2010 dan 2010/2011 terletak pada tingkat kesulitan soal-soal itu sendiri, yang terlalu kontekstual, dengan didominasi oleh aspek kognitif pengetahuan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa soal-soal UN matematika tingkat SMP/MTs tahun pelajaran 2009/2010 dan 2010/2011 tersebar merata, baik dari analisis validitas isi maupun aspek kognitif.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analisis soal UN, Validitas isi, Cognitive domains. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 28 Jun 2012 10:06 |
Last Modified: | 28 Jun 2012 10:06 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19118 |
Actions (login required)
View Item |