Prestasi Belajar Akuntansi Ditinjau Dari Kesiapan Belajar Dan Kesulitan Belajar Pada Siswa Kelas XI IPS SMA Muhammadiyah 1 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012

Alala, Naik Kartika (2012) Prestasi Belajar Akuntansi Ditinjau Dari Kesiapan Belajar Dan Kesulitan Belajar Pada Siswa Kelas XI IPS SMA Muhammadiyah 1 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._COVER.pdf

Download (28MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (124kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (146kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (417kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (490kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (52kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (75MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (28MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh 1) Kesiapan belajar terhadap prestasi belajar akuntansi. 2) Kesulitan belajar terhadap prestasi belajar akuntansi. 3) Kesiapan belajar dan kesulitan belajar terhadap prestasi belajar akuntansi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini mengambil lokasi di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Muhammadiyah 1 Surakarta yang berjumlah 220 siswa. Sampel diambil sebanyak 135 siswa dengan teknik proportional random sampling. Pengumpulan data menggunakan metode angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis korelasi, analisis regresi linier berganda, uji keberartian koefisien regresi linier ganda (uji t), uji keberartian regresi linier ganda (uji F), uji R2 dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan Y = 37,040+ 0,375X1 + 0,290X2. Persamaan menunjukkan bahwa prestasi belajar akuntansi dipengaruhi oleh kesiapan belajar dan kesulitan belajar. Kesimpulan penelitian ini adalah: 1) Ada pengaruh yang signifikan kesiapan belajar terhadap prestasi belajar akuntansi pada siswa kelas XI IPS SMA Muhammadiyah 1 Surakarta tahun ajaran 2011/2012. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 3,780 > 1,978 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 2) Ada pengaruh yang signifikan kesulitan belajar terhadap prestasi belajar akuntansi pada siswa kelas XI IPS SMA Muhammadiyah 1 Surakarta tahun ajaran 2011/2012. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 3,476 > 1,978 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,001. 3) Ada pengaruh secara bersama-sama yang signifikan kesiapan belajar dan kesulitan belajar terhadap prestasi belajar akuntansi pada siswa kelas XI IPS SMA Muhammadiyah 1 Surakarta tahun ajaran 2011/2012. Berdasarkan hasil uji keberartian regresi linier ganda (uji F) diketahui bahwa H0 ditolak, karena Fhitung > Ftabel, yaitu 20,879 > 3,065 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000; 4) Variabel kesiapan belajar memberikan sumbangan relatif sebesar 53% dan sumbangan efektif 12,7%. Variabel kesulitan belajar memberikan sumbangan relatif sebesar 47% dan sumbangan efektif 11,3%. Dengan membandingkan nilai sumbangan relatif dan efektif nampak bahwa variabel kesiapan belajar memiliki pengaruh yang lebih dominan terhadap prestasi belajar akuntansi dibandingkan variabel kesulitan belajar

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kesiapan Belajar, Kesulitan Belajar dan Prestasi Belajar Akuntansi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 28 Jun 2012 06:25
Last Modified: 28 Jun 2012 06:25
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19110

Actions (login required)

View Item View Item