Mawadini, Farah (2012) Penerapan Metode Pembelajaran Numbered Heads Together Sebagai Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (Ekonomi) Kelas VIIIA Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 7 Surakarta Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan )
02._HALAMAN_DEPAN_.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf Download (109kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (134kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (141kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (347kB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (52kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA_.pdf Download (11kB) |
|
PDF (Lampiran )
09._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH.pdf Download (292kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu upaya untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (ekonomi) dengan materi pelajaran Pelaku-Pelaku Ekonomi dalam Sistem Perekonomian Indonesia dengan menggunakan metode pembelajaran Numbered Heads Together siswa kelas VIIIA Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 7 Surakarta tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dimana msing-masing siklus dilalui empat tahapan, yaitu : (1) perencanaan tindakan; (2) pelaksanaan tindakan; (3) observasi tindakan; dan (4) refleksi tindakan. Obyek penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIIIA Sekolah Menengah Pertama (SMP) Muhammadiyah 7 Surakarta tahun ajaran 2011/2012 sebanyak 34 siswa. Penelitian ini dilaksanakan secara kolaborasi bersama dengan guru mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah menggunakan lembar observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Hasil penelitian ini yaitu upaya meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi Pelaku-Pelaku Ekonomi dalam Sistem Perekonomian Indonesia dengan metode pembelajaran Numbered Heads Together pada siswa kelas VIIIA Sekolah Menengah Pertama uhammadiyah 7 Surakarta tahun ajaran 2011/2012. Hal tersebut didukung oleh fakta-fakta sebagai berikut: (1)Motivasi belajar siswa Sebelum penelitian tindakan dilakukan sebesar 17,6125 %,(1) Motivasi belajar siswa selama siklus I sebesar 44,0875% dan meningkat menjadi 85,275% pada siklus II; (2) Hasil angket respon siswa mengenai strategi pembelajaran yang digunakan pada siklus I dari 34 siswa yang menyatakan sangat setuju sebesar 37% dan menyatakan setuju 49%, dan pada siklus ke II meningkat menjadi 43% siswa merespon sangat setuju, 53% menyatakan setuju.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | metode pembelajaran Numbered Heads Together, motivasi belajar siswa, Ilmu Pengetahuan Sosial (ekonomi) |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 28 Jun 2012 05:35 |
Last Modified: | 28 Jun 2012 05:35 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19108 |
Actions (login required)
View Item |