Nourmaningsih, Hesty (2012) Penerapan Metode Kooperatif Tipe Talking Stick Sebagai Upaya Peningkatan Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Ekonomi Pada Siswa Kelas XI Ilmu Pengetahuan Sosial 2 Sekolah Menengah Atas Negeri Karangpandan Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (46MB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf Download (292kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (369kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (373kB) |
||
PDF (Bab IV)
06_BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (520kB) |
||
PDF (Bab V)
07.BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (303kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (92kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (66MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (9MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah metode talking stick dapat meningkatkan minat belajar siswa dalam proses pembelajaran ekonomi pada siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri Karangpandan tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dimana masing- masing siklus dilalui empat tahap, yaitu (1) perencanaan tindakan (2) pelaksanaan tindakan (3) observasi tindakan (4) refleksi tindakan. Obyek penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPS 2 Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri Karangpandan tahun ajaran 2011/2012 sebanyak 32 siswa. Penelitian ini dilaksanakan secara kolaborasi bersama dengan guru mata pelajaran ekonomi. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah menggunakan lembar observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Hasil penelitian ini yaitu penerapan metode kooperatif tipe talking stick sebagai upaya peningkatan minat belajar siswa dalam pembelajaran ekonomi pada siswa kelas XI Ilmu pengetahuan sosial 2 SMA Negeri Karangpandan tahun ajaran 2011/2012. Hal tersebut didukung oleh fakta – fakta sebagai berikut: (1) minat belajar siswa pra penelitian tindakan dilakukan sebesar 16%, minat belajar siswa selama siklus I sebesar 40,58% dan meningkat menjadi 85,525% pada silkus II. (2) hasil angket respon siswa mengenai strategi pembelajaran yang digunakan pada siklus I dari 32 siswa yang menyatakan sangat setuju sebesar 39% dan menyatakan setuju 51,56% dan pada siklus II meningkat menjadi 42% siswa merespon sangat setuju, 53,43% menyatakan setuju.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | metode pembelajaran talking stick, minat belajar siswa, ekonomi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 28 Jun 2012 04:37 |
Last Modified: | 28 Jun 2012 04:37 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19107 |
Actions (login required)
View Item |