Perbandingan Hasil Belajar Biologi Dengan Menggunakan Strategi Pembelajaran Guided Note Taking Dan True Or False Pada Materi Gerak Pada Tumbuhan Kelas Viii Di Smp Nurulislam Ngemplak Boyolali Tahun Ajaran 2011/2012

WINARTI, ASIH (2012) Perbandingan Hasil Belajar Biologi Dengan Menggunakan Strategi Pembelajaran Guided Note Taking Dan True Or False Pada Materi Gerak Pada Tumbuhan Kelas Viii Di Smp Nurulislam Ngemplak Boyolali Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN_BARU.pdf

Download (347kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
03._BAB_I.pdf

Download (29kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (39kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (481kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (70kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (630kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membandingan hasil belajar biologi antara strategi pembelajaran Guided Note Taking dan True or False pada materi gerak pada tumbuhan di SMP Nurul Islam Ngemplak Boyolali Tahun Ajaran 2011/2012. Pengambilan sampel penelitian berjumlah 60 siswa dari dua kelas, siswa kelas VIII B sebagai kelas perlakuan dengan menggunakan strategi pembelajaran True Or False, sedangkan kelas VIII C sebagai kelas perlakuan dengan menggunakan strategi Guided Note Taking. Hasil belajar menggunakan instrument tes hasil belajar (20 item soal). Analisis mengunakan uji analisis uji t dan diperoleh nilai signifikan, yang sebelumnya menggunakan uji prasyarat dan mengunakan uji normalitas serta uji homogenitas. Dari hasil analisis data diperoleh hasil belajar dengan menggunakan strategi pembelajaran Guided Note Taking nilai rata-rata sebesar 75,40, sedangkan strategi pembelajaran True or False nilai rata-rata sebesar 67,67 selisih kedua strategi tersebut ± 7,73. Kesimpulkannya bahwa hasil belajar siswa dengan mengunakan strategi pembelajaran Guided Note Taking lebih baik dibandingkan dengan mengunakan strategi True Or False.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar Biologi, Strategi Pembelajaran Guided Note Taking,Strategi Pembelajaran True Or False
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Esti Handayani
Date Deposited: 27 Jun 2012 10:48
Last Modified: 27 Jun 2012 11:08
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19104

Actions (login required)

View Item View Item