Paramita, Alinda (2012) Peningkatan Hasil Belajar PKn Melalui Metode Artikulasi Pada Siswa Kelas V SD Negeri 2 Borongan Polanharjo Klaten Tahun Ajaran 2011/ 2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HAL_DEPAN.pdf Download (510kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I_LINDA.pdf Download (158kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II_LINDA.pdf Restricted to Repository staff only Download (251kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III_LINDA.pdf Restricted to Repository staff only Download (249kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (560kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (67kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (10kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (211kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri 2 Borongan yang berjumlah 17 siswa. Penelitian ini diawali dengan kegiatan perencanaan, tindakan, observasi, refleksi dan evaluasi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis data model analisis interaktif, yang terdiri dari:reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn. Hal ini dapat dilihat dari hasil pelaksanaan pembelajaran yang mencapai ketuntasan sebelum tindakan sebesar 64,70% dan setelah dilakukan tindakan sebesar 76,47%, pada siklus I, dan diakhir tindakan sebesar 94,11% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa penerapan metode artikulasi dapat meningkatkan hasil belajar PKn siswa pada kelas V SD Negeri 2 Borongan Polanharjo Klaten tahun ajaran 2011/2012.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | artikulasi, hasil belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 27 Jun 2012 07:16 |
Last Modified: | 27 Jun 2012 12:07 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19097 |
Actions (login required)
View Item |