Pemerolehan Kosakata Dasar Bahasa Indonesia Pada Anak Usia Dini Dalam Kegiatan Belajar Sambil Bermain Di Play Group “Alam Matahariku” Embarkasi, Gagaksipat, Ngemplak, Boyolali

Mujamil, Muhammad Zazid (2012) Pemerolehan Kosakata Dasar Bahasa Indonesia Pada Anak Usia Dini Dalam Kegiatan Belajar Sambil Bermain Di Play Group “Alam Matahariku” Embarkasi, Gagaksipat, Ngemplak, Boyolali. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._Halaman_Depan.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (125kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (146kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (138kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (182kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (129kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._Daftar_Pustaka.pdf

Download (594kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah Untuk mendeskripsikan bentuk kosakata dasar bahasa Indonesia pada anak usia dini dalam kegiatan belajar sambil bermain di Play Group “Alam Matahariku” Embarkasi, Gagaksipat, Ngemplak, Boyolali. Untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi pemerolehan kosakata dasar bahasa Indonesia pada anak usia dini dalam kegiatan belajar sambil bermain di Play Group “Alam Matahariku” Embarkasi, Gagaksipat, Ngemplak, Boyolali. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa Play Group “Alam Matahariku”. Data dalam penelitian ini adalah kata-kata siswa Play Group ”Alam Matahariku” yang ada kosakata dasarnya. Teknik penggumpulan data diambil dengan menggunakan metode observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data penelitian ini dengan cara deskriptif kualitatif terdiri dari tiga tahapan analisis, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan data siswa dari siklus I sampai dengan siklus III dilengkapi dengan analisis hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dapat menguasai bentuk fonologi yakni pelafalan konsonan [r], pelafalan konsonan [s], pengucapan konsonan velar [g], dan pengucapan konsonan ringan [p]. Selain bentuk fonologi, juga menguasai bentuk morfologi yakni kata benda (nominal), kata kerja (verba), kata sifat (adjektiva) dan Numeralia. Beberapa kelas kata, antara lain: verba, adjektiva, nomina, numeralia, adverbia, interogativa, kata fatis, interjeksi, dan pertindih kelas. Pola-pola kalimat yang berhasil dibangun Laura yaitu rangkaian kata benda dengan kata benda (KB-KB), kata benda dengan kata sifat (KB-KS), kata benda dengan kata kerja (KB-KK), dan kata benda dengan adverbia (KB-Adverbia).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pemerolehan kosakata, anak usia dini, bermain.
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 25 Jun 2012 06:18
Last Modified: 25 Jun 2012 11:05
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19089

Actions (login required)

View Item View Item