SUHARTO, SUHARTO (2011) Peningkatan Prestasi Belajar Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas X Teknik Komputer Dan Jaringan 1 SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
Halaman_depan.pdf Download (108kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (37kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (81kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (35kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (22kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_pustaka.pdf Download (13kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran-lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (665kB) |
Abstract
Tujuan Penelitian Tindakan Kelas ini adalah dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dapat meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas X Teknik Komputer dan Jaringan 1 SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo tahun pelajaran 2011/2012. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara, dokumentasi, tes, dan sosiometri. Prosedur dalam penelitian ini terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dengan tiga kali siklus yang bertujuan untuk memperoleh data peningkatan prestasi belajar siswa. Hasil penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dapat meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas X Teknik Komputer dan Jaringan 1 SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo tahun pelajaran 2011/2012. Dari siklus yang dilakukan dihasilkan peningkatan prestasi belajar siswa yang baik. Hal ini ditunjukkan pada penilaian kognitif yang dapat dilihat dari ketuntasan nilai ulangan siswa di setiap siklus. Dalam siklus I sebanyak 27 siswa dari 36 siswa (75%), pada siklus II meningkat menjadi 30 siswa dari 36 siswa (83,33%), pada siklus III meningkat menjadi 34 siswa dari 36 siswa (94,44%). Berdasarkan analisis data pada penelitian tindakan kelas ini, hipotesis yang menyatakan bahwa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dapat meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas X Teknik Komputer dan Jaringan 1 SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo tahun pelajaran 2011/2012 terbukti dan dapat diterima kebenarannya.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Rak A310/2012-10 |
Uncontrolled Keywords: | prestasi belajar, model pembelajaran kooperatif tipe group investigation |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 22 Jun 2012 04:56 |
Last Modified: | 22 Jun 2012 11:20 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19081 |
Actions (login required)
View Item |