Widodo, Widodo (2012) Pengelolaan Sekolah Swasta Berbasis Kualitas (Studi Situs SMK Muhammadiyah 1, Blora). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (53kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (39kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (53kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (42kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (170kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (115kB) |
||
PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (17kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (13kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (629kB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (211kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan karakteristik aktivitas kepemimpinan dan hubungan kepala sekolah dengan guru, karakteristik aktivitas belajar dan penataan ruang kelas dan karakteristik palayanan siswa berbasis kualitas di SMK Muhammadiyah I Blora. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan desain etnografi pendidikan. Penelitian ini dilakukan di SMK Muhammadiyah I Blora. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan 1) wawancara mendalam, 2) observasi, 3) dokumentasi. Analisis datadilakukan dengan reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diuji dengan menggunakan teknik trianggulasi, yaitu trianggulasi sumber dan trianggulasi metode. Hasil dari penelitian adalah 1) Kepala sekolah melakukan perencanaan dalam pembuatan program sekolah, pembiayaan sekolah, peningkatanan fasilitas belajar serta melibatkan semua komponen sekolah, 2) Kepala sekolah melakukan pengorganisasian dalam pembagian tugas, penempatan personil serta membangun komunikasi dengan guru, 3) Kepala sekolah melakukan pengarahan dalam peningkatan motivasi, pembinaan mental serta penerapan sangsi dan penghargaan.4) kepala sekolah mengadakan pengendalian dalam evaluasi program, evaluasi keuangan serta optimalisasi komite sekolah. Aktivitas belajar dilakukan dengan metode, media, strategi dan evaluasi pembelajaran. Layanan siswa yang diberikan sekolah berupa layanan bimbingan dan konseling, perpustakaan, kantin,serta kesehatan.. Saran dalam penelitian ini adalah 1) Kepala Sekolah agar penedelegasian wewenang tidak hanya berdasarkan kompetensi namun komitemn keislaman harus menjadi perhatian, mempertahankan kepuasan pelanggan dan optimalisasi sumber daya sekolah. 3) Peserta Didik agar mengikuti kegiatan pembelajaran dengan aktif, baik secara teoritis maupun praktik, 4) Yayasan agar mendukung operasional sekolah dengan menyediakan fasilitas pendukung pendidikan dan kesejahteraan karyawan, 5) Peneliti lainnya agar mengembangkan penelitian tentang sekolah swasta maupun sekolah kejuruan yang masih terbatas.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengelolaan, sekolah swasta, kualitas, kepemimpinan, kepala sekolah, guru, peserta didik. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 06 Jun 2012 04:56 |
Last Modified: | 06 Jun 2012 11:51 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19046 |
Actions (login required)
View Item |