Terapi Makna Hidup Dengan Metode Medical Ministry Untuk Menurunkan Tingkat Depresi Pada Penderita Diabetes Mellitus Di RSUD Pandan Arang Boyolali

Yulianti , Nunung Sawitri (2012) Terapi Makna Hidup Dengan Metode Medical Ministry Untuk Menurunkan Tingkat Depresi Pada Penderita Diabetes Mellitus Di RSUD Pandan Arang Boyolali. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_depan(1).pdf

Download (72kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (98kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (300kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (123kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (570kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_5(1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (30kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran_semua.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (596kB)

Abstract

Hidup dengan Diabetes Mellitus menyebabkan masalah psikologis seperti kecemasan, depresi dan gangguan abilitas sehingga akan memperburuk kadar gula dalam darah penderita dan ketidakmampuan dalam kehidupannya. Oleh karena itu, agar penderita Diabetes Mellitus dapat menjalani penatalaksanaan DM dengan suasana hati yang nyaman dan menerima kenyataan hidup tanpa afek depresif, maka dapat dilakukan terapi psikologi pada penderita tersebut. Adapun terapi yang tepat untuk penanganan depresi pada penderita Diabetes Mellitus adalah dengan terapi makna hidup. Tujuan penelitian ini adalah untuk merancang dan menguji model pelatihan (sebagai salah satu rancangan strategi) untuk menurunkan tingkat depresi penderita Diabetes Mellitus. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan pendekatan “Pretest – Postest with control group”. Subjek penelitian penderita Diabetes Mellitus yang berkunjung di poliklinik penyakit dalam RSUD Pandan Arang Boyolali dengan status PNS atau pensiunan. Dalam penelitian ini diambil subjek sebanyak 16 orang yang dibagi secara random dalam 2 kelompok yaitu 8 orang kelompok kontrol dan 8 orang kelompok perlakuan. Analisis data menggunakan Uji Wilcoxon, Uji Mann-Whitney, dan uji t test. Berdasarkan analisis menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan pada rerata gainskor pretest-postest tingkat depresi pada kelompok eksperimen sebelum dan sesudah terapi menunjukkan hasil yang signifikan (nilai Z = -2,530; p = 0,011 (p<0,050)), sehingga pemberlakuan terapi dapat menurunkan tingkat depresi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa Terapi Makna Hidup metode Medical Ministry dapat mengurangi depresi pada penderita Diabetes Mellitus di RSUD Pandan Arang Boyolali secara sangat signifikan.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Terapi Makna Hidup Metode Medical Ministry, Depresi, Diabetes Mellitus
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Magister Profesi Psikologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 05 Jun 2012 06:46
Last Modified: 05 Jun 2012 06:46
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19030

Actions (login required)

View Item View Item