Pengelolaan Kerja Mandiri Guru Di Sd Negeri Pilangsari 1 Upt Dinas Pendidikan Kecamatan Ngrampal Kabupaten Sragen

SUTRISNO , SUTRISNO (2012) Pengelolaan Kerja Mandiri Guru Di Sd Negeri Pilangsari 1 Upt Dinas Pendidikan Kecamatan Ngrampal Kabupaten Sragen. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
halaman_depan.pdf

Download (85kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
bab_1.pdf

Download (33kB)
[img] PDF (Bab II)
bab_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (132kB)
[img] PDF (Bab III)
bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (77kB)
[img] PDF (Bab IV)
bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (211kB)
[img] PDF (Bab V)
bab_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img] PDF (Bab VI)
bab_6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (35kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DA_PUS.pdf

Download (41kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan 1. karakteristik karakteristik kinerja mandiri guru dalam menyiapkan perencanaan pembelajaran di SD Negeri Pilangsari 1 UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Ngrampal. 2. karakteristik kerja mandiri dalam pelaksanaan pembelajaran di SD Negeri Pilangsari 1 UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Ngrampal 3. karakteristik kerja mandiri guru dalam mengadakan evaluasi pembelajaran di SD Negeri Pilangsari 1 UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Ngrampal Sejalan dengan tujuannya, penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan rancangan etnografi. Data dikumpulkan melalui instrumen berbentuk observasi, dokumentasi; wawancara mendalam. Data dianalisis dengan menggunakan metode analisis kualitatif model interaktif. Hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan: Karakteristik Kerja Mandiri Guru dalam Merencanakan Program Pembelajaran antara lain : 1) Merumuskan tujuan pembelajaran. 2) Merumuskan alat evaluasi/asesmen, baik bentuk, cara, waktu, dan model evaluasi yang akan dilakukan. 3) Memilih materi pelajaran yang esensial untuk dikuasai dan dikembang-kan dalam strategi pembelajaran. 4) Memilih strategi pembelajaran sebagai proses pengalaman belajar siswa. Dalam pelaksanaan pembelajaran guru harus merujuk pada persiapan yang telah dibuat oleh guru sebelumnya. Saat pembelajaran berlangsung guru harus membimbing anak dalam belajar. Dalam proses pembelajaran ada beberapa peran yang harus dilakukan oleh guru yakni: a. Informator, b. Organisator, c. Motivator, d. Director, e. Inisiator, f. Transmitter, g. Fasilitator, h. Mediator, dan i. Evaluator. Diakhir kegiatan pembelajaran guru harus mengadakan evaluasi yang bertujuan untuk : a. Mengetahui keberhasilan layanan yang dilakukan guru b. Penilaian yang dilakukan Guru diharapkan pada orientasi: 1) Pengentasan masalah siswa: 2) Perkembangan aspek-aspek kepribadian siswa. c. Secara khusus fokus penilaian diarahkan kepada 1) Pemahaman baru yang diperoleh dan 2) Perasaan positif dan 3) Rencana kegiatan yang akan dilaksanakan oleh siswa sesudah pelaksanaan layanan

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan, Kerja Mandiri, Guru Sekolah Dasar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 04 Jun 2012 10:21
Last Modified: 04 Jun 2012 12:37
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/19003

Actions (login required)

View Item View Item