Pelatihan Pakem Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Sekolah Dasar Pada Proses Pembelajaran Di Kelas

Wahyuni, Sri (2012) Pelatihan Pakem Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Sekolah Dasar Pada Proses Pembelajaran Di Kelas. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN_.pdf

Download (62kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (52kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (139kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (179kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (200kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (22kB)
[img] PDF (Lampiran )
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji modul pelatihan PAKEM bagi peningkatan kompetensi guru pada proses pembelajaran di kelas. Subjek penelitian ini adalah guru SDIT Arofah Boyolali yang berjumlah 19 orang, yang dibagi menjadi 2 kelompok yakni: kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Skala kompetensi guru disusun berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan Nasional No.16 Tahun 2007. Analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Analisis kualitatif menggunakan wawancara dan observasi. Analisis kuantitatif menggunakan perangkat SPSS-15 for Windows tehnik statistik non parametrik uji paired sampel t-test uji Wilcoxon dan uji Mann Withney. Dari analisis data diketahui terdapat peningkatan skor kompetensi guru antara pra, pasca dan tindak lanjut yang sangat signifikan pada kelompok eksperimen. Pada kelompok kontrol tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah waktu pengukuran. Hasil analisis antar kelompok eksperimen dan kelompok kontrol juga terdapat perbedaan yang signifikan. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa pelatihan PAKEM dapat digunakan sebagai model intervensi untuk meningkatkan kompetensi guru pada proses pembelajaran di kelas.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Pelatihan PAKEM, kompetensi guru, pembelajaran siswa.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
Divisions: Fakultas Psikologi > Magister Profesi Psikologi
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 04 Jun 2012 08:47
Last Modified: 04 Jun 2012 13:06
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18999

Actions (login required)

View Item View Item