Mursiyah, Tatik (2012) Sumber Materi Ajar dan Pembelajaran Sintaksis di Perguruan Tinggi di Jateng dan DIY. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
Hal_Depan.pdf Download (240kB) |
|
|
PDF (Bab I)
4.BAB_I.doc.pdf Download (119kB) |
|
PDF (Bab II)
5.BAB_II.doc.pdf Restricted to Repository staff only Download (273kB) |
||
PDF (Bab III)
6.BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (179kB) |
||
PDF (Bab IV)
Bab_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (755kB) |
||
PDF (Bab V)
9.BAB_V_PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (112kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
10.Daftar_Pustaka.pdf Download (171kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (204kB) |
Abstract
Ada tiga tujuan yang dicapai dalam penelitian ini. (1)Mendeskripsikan materi ajar yang ada pada buku‐buku sintaksis yang digunakan oleh dosen di Perguruan Tinggi. (2)Mendeskripsikan klasifikasi materi ajar sintaksis pada buku dan materi yang diajarkan oleh dosen. (3)Mendeskripsikan perbedaan materi ajar sintaksis antara satu buku dengan buku lain. Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif. Langkah penelitian ini dimulai dengan studi pendahuluan dan eksplorasi mengenai materi ajar dan bukubuku mata kuliah sintaksis. Selain itu, mendeskripsikan sumber materi ajar mata kuliah sintaksis. Sumber data penelitian ini meliputi (1) Informan yaitu, dosen mata kuliah sintaksis Program Studi/Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia. (2) Dokumen, yaitu jenis informasi tertulis, antara lain buku sintaksis yang digunakan dosen, jurnal, dan data mahasiswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Materi ajar yang ada pada buku‐buku sintaksis yang digunakan oleh dosen secara garis besar berisi pengertian sintaksis, klasifikasi frasa, klausa, dan kalimat. Klasifikasi materi ajar pada buku‐buku sintaksis menurut Ramlan, Sukini, Arifin, dan Putrayasa pada dasarnya sama. Masing‐masing buku memiliki kekhasan rincian. Materi ajar yang diajarkan oleh dosen berdasarkan SK, KD, dan pokok bahasan atau indikator di masing‐masing Perguruan Tinggi memiliki kekhasan. Namun, pada dasarnya sama. Semua Perguruan Tinggi ada materi ajar pengertian sintaksis, pengertian kalimat dan klasifikasinya, pengertian klausa, dan pengertian frasa. Terdapat sedikit perbedaan antara satu buku dengan buku lainnya. Perbedaan tersebut mengenai klasifikasi kalimat, klausa, dan frasa, serta tambahan teoriteori lainnya.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | materi ajar, pembelajaran, sintaksis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Pengkajian Bahasa |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 04 Jun 2012 09:44 |
Last Modified: | 04 Jun 2012 13:11 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18998 |
Actions (login required)
View Item |