Prasetiani, Titi Rahayu (2011) Memahami Pengaruh Moderasi Karakteristik Konsumen dan Faktor Situasional Dalam Pembentukan Sikap dan Niat Terhadap Penggunaan Teknologi Swa Layan (Penelitian Mengenai Teknologi Swa Layan ATM pada Bank BRI). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
hal_depan.pdf Download (83kB) |
|
|
PDF (Bab I)
bab_1.pdf Download (51kB) |
|
PDF (Bab II)
bab_2.pdf Restricted to Repository staff only Download (211kB) |
||
PDF (Bab III)
bab_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (120kB) |
||
PDF (Bab IV)
bab_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (227kB) |
||
PDF (Bab V)
bab_5.pdf Restricted to Repository staff only Download (45kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
Da_Pus.pdf Download (41kB) |
Abstract
Perkembangan teknologi swa layan telah memberikan dampak yang besar dalam dunia perbankan, contohnya adalah ATM yang muncul sebagai pilihan alternatif pelayanan dari teller bank. Permasalahannya adalah beberapa individual (nasabah) mau mengadopsi teknologi, sementara yang lain tidak, sehingga penting untuk melihat dasar terbentuknya sikap dan niat pelanggan untuk menggunakan teknologi swa layan seperti ATM. Perumusan masalah penelitian ini adalah untuk melihat dasar pembentukan sikap nasabah terhadap teknologi swa layan ATM yang diharapkan akan mengarah pada pembentukan niat mereka untuk menggunakannya, melalui evaluasi atas komponen ekspektasi nilai pelanggan terhadap teknologi tersebut dan adanya efek moderasi yang ditimbulkan oleh karakteristik konsumen dan faktor situasional yang mereka alami. Penelitian ini merupakan studi kasus pada nasabah Bank BRI dengan jumlah responden sebanyak 300 orang. Pengujian model struktural untuk menjawab hipotesis penelitian dilakukan menggunakan analisis statistik non parametric dalam SEM (Structural Equation Model) yaitu menggunakan program PLS (Partial Least Square) Dari pengujian dan analisis data diperoleh hasil bahwa semua variabel ekspektasi nilai pelanggan yaitu kemudahan penggunaan, kinerja dan kecerian berpengaruh signifikan positif terhadap sikap nasabah dalam penggunaan ATM. Sementara elemen atau variabel karakteristik pelanggan dan faktor situasional secara parsial tidak semuanya berpengaruh atau dapat memoderasi hubungan antara ekspektasi pelanggan dan sikap serta niat dalam penggunaan teknologi swa layan ATM.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Ekspektasi nilai pelanggan, karakteristik konsumen, faktor situasional, Sikap, Intensi, Teknologi swa layan, ATM. |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Manajemen |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 31 May 2012 09:13 |
Last Modified: | 31 May 2012 11:08 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18974 |
Actions (login required)
View Item |