Keputusan Siswa Masuk Kelas Akselerasi Ditinjau dari Peran Konselor Sekolah Efikasi Diri dan Dukungan Sosial

Utami, Fajar Tri (2012) Keputusan Siswa Masuk Kelas Akselerasi Ditinjau dari Peran Konselor Sekolah Efikasi Diri dan Dukungan Sosial. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
COVER.pdf

Download (103kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (59kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (255kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (41kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (188kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB__V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (30kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (36kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (456kB)

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui: 1) hubungan peran konselor dengan keputusan siswa masuk kelas akselerasi; 2) hubungan efikasi diri dengan keputusan siswa masuk kelas akselerasi; 3) hubungan dukungan sosial dengan keputusan siswa masuk kelas akselerasi; 4) sumbangan konselor sekolah, efikasi diri, dan dukungan sosial terhadap keputusan siswa masuk kelas akselerasi. Subyek penelitian siswa akselerasi SMA N 3 Surakarta berjumlah 59 siswa Pengumpulan data menggunakan skala pengambilan keputusan, skala peran konselor sekolah, skala efikasi diri, dan skala dukungan sosial. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi dua prediktor dan stepwise. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh nilai koefisien korelasi R = 0,624, Fregresi = 11,685; p = 0,000 (p < 0,01). Hasil ini menunjukkan ada hubungan yang sangat signifikan antara peran konselor sekolah, efikasi diri dan dukungan sosial dengan keputusan siswa siswa masuk kelas akselerasi. Hasil korelasi rx1y sebesar 0,377; p = 0,003 (p < 0,01), berarti ada hubungan positif antara peran konselor sekolah dengan keputusan siswa masuk kelas akselerasi. Analisis korelasi rx2y sebesar 0,537; p = 0,000 (p < 0,01) berarti ada hubungan positif yang sangat signifikan antara efikasi diri dengan keputusan masuk kelas akselerasi. Analisis korelasi rx3y sebesar 0,555; p = 0,000 (p < 0,01) berarti ada hubungan positif yang sangat signifikan antara dukungan sosial dengan keputusan masuk kelas akselerasi. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah ada hubungan yang sangat signifikan antara peran konselor sekolah, efikasi diri dan dukungan sosial dengan keputusan siswa masuk kelas akselerasi. Artinya variabel peran konselor sekolah, efikasi diri dan dukungan sosial dapat digunakan sebagai prediktor untuk memprediksi keputusan masuk kelas akselerasi.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: keputusan masuk kelas akselerasi, peran konselor sekolah, efikasi diri, dukungan sosial.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Sains Psikologi
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 31 May 2012 04:24
Last Modified: 31 May 2012 04:24
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18961

Actions (login required)

View Item View Item