Unjuk Kerja Tenaga Pendidik (Studi Situs SMP Negeri 1 Baturetno Wonogiri)

Widagdo, Eko (2012) Unjuk Kerja Tenaga Pendidik (Studi Situs SMP Negeri 1 Baturetno Wonogiri). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Depan_Lengkap.pdf

Download (478kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (25kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (35kB)
[img] PDF (Bab III)
Bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (33kB)
[img] PDF (Bab IV)
Bab_4_Revs.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (219kB)
[img] PDF (Bab V)
Bab_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (33kB)
[img] PDF (Bab VI)
Bab_6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (10kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (97kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) karakteristik unjuk kerja tenaga pendidik dalam perencanaan pembelajaran; 2) karakteristik unjuk kerja tenaga pendidik dalam pelaksanaan pembelajaran; dan 3) karakteristik unjuk kerja tenaga pendidik dalam evaluasi pembelajaran di SMP Negeri 1 Baturetno Wonogiri. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 1 Baturetno Wonogiri. Desain penelitian yang digunakan adalah etnografi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara mendalam, observasi, dan analisis dokumen. Teknik analisis data dilakukan dengan model interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Berdasarkan hasil analisis, penelitian menyimpulkan bahwa: 1) Karakteristik unjuk kerja tenaga pendidik dalam perencanaan pembelajaran di SMP Negeri 1 Baturetno Wonogiri mengindikasikan bahwa unjuk kerja tenaga pendidik sudah baik. Kelemahan yang masih ditemukan adalah dalam hal penyusunan RPP dan Silabus berbahasa Inggris; Karakteristik unjuk kerja tenaga pendidik dalam perencanaan pembelajaran menunjukkan bahwa hampir semua guru sudah menyusun RPP pada setiap awal pembelajaran; 2) Karakteristik unjuk kerja tenaga pendidik dalam pelaksanaan pembelajaran menunjukkan bahwa tenaga pendidik melibatkan siswa secara aktif dalam pembelajaran melalui penugasan. Siswa didorong untuk mencari materi melalui sumber-sumber lain untuk memperoleh dan membangun pengetahuan mereka sendiri sehingga proses pembelajaran lebih bersifat student-centered learning; 3) Karakteristik unjuk kerja tenaga pendidik dalam evaluasi pembelajaran dilakukan pada satu atau lebih kompetensi dasar sesuai dengan konsep penilaian berdasarkan konsep belajar tuntas atau mastery learning. Unjuk kerja tenaga pendidik dalam aspek evaluasi masih belum optimal.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: unjuk kerja, tenaga pendidik, proses pembelajaran.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 30 May 2012 11:42
Last Modified: 30 May 2012 11:42
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18960

Actions (login required)

View Item View Item