Widagdo, Eko (2012) Unjuk Kerja Tenaga Pendidik (Studi Situs SMP Negeri 1 Baturetno Wonogiri). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
Depan_Lengkap.pdf Download (478kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf Download (25kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_2.pdf Restricted to Repository staff only Download (35kB) |
||
PDF (Bab III)
Bab_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (33kB) |
||
PDF (Bab IV)
Bab_4_Revs.pdf Restricted to Repository staff only Download (219kB) |
||
PDF (Bab V)
Bab_5.pdf Restricted to Repository staff only Download (33kB) |
||
PDF (Bab VI)
Bab_6.pdf Restricted to Repository staff only Download (14kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (10kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf Download (97kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) karakteristik unjuk kerja tenaga pendidik dalam perencanaan pembelajaran; 2) karakteristik unjuk kerja tenaga pendidik dalam pelaksanaan pembelajaran; dan 3) karakteristik unjuk kerja tenaga pendidik dalam evaluasi pembelajaran di SMP Negeri 1 Baturetno Wonogiri. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 1 Baturetno Wonogiri. Desain penelitian yang digunakan adalah etnografi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara mendalam, observasi, dan analisis dokumen. Teknik analisis data dilakukan dengan model interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Berdasarkan hasil analisis, penelitian menyimpulkan bahwa: 1) Karakteristik unjuk kerja tenaga pendidik dalam perencanaan pembelajaran di SMP Negeri 1 Baturetno Wonogiri mengindikasikan bahwa unjuk kerja tenaga pendidik sudah baik. Kelemahan yang masih ditemukan adalah dalam hal penyusunan RPP dan Silabus berbahasa Inggris; Karakteristik unjuk kerja tenaga pendidik dalam perencanaan pembelajaran menunjukkan bahwa hampir semua guru sudah menyusun RPP pada setiap awal pembelajaran; 2) Karakteristik unjuk kerja tenaga pendidik dalam pelaksanaan pembelajaran menunjukkan bahwa tenaga pendidik melibatkan siswa secara aktif dalam pembelajaran melalui penugasan. Siswa didorong untuk mencari materi melalui sumber-sumber lain untuk memperoleh dan membangun pengetahuan mereka sendiri sehingga proses pembelajaran lebih bersifat student-centered learning; 3) Karakteristik unjuk kerja tenaga pendidik dalam evaluasi pembelajaran dilakukan pada satu atau lebih kompetensi dasar sesuai dengan konsep penilaian berdasarkan konsep belajar tuntas atau mastery learning. Unjuk kerja tenaga pendidik dalam aspek evaluasi masih belum optimal.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | unjuk kerja, tenaga pendidik, proses pembelajaran. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 30 May 2012 11:42 |
Last Modified: | 30 May 2012 11:42 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18960 |
Actions (login required)
View Item |