Nuryati, Wiwik (2012) Pengelolaan Pembelajaran Mulok Bahasa Jawa di Kelas VI SDN Guworejo Karangmalang Sragen. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (64kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (46kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (84kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (67kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (199kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (100kB) |
||
PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (19kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (8kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (41kB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (83kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan tentang = 1. Karakteristik interaksi pembelajaran muatan lokal Bahasa Jawa di kelas VI SDN Guworejo 2.Untuk mendiskripsikan tentang karakteristik media pembelajaran muatan lokal bahasa jawa di kelas VI SDN Guworejo 3.Untuk mendiskripsikan karakteristik aktivitas pembelajaran mulok Bahasa Jawa di kelas VI SDN Guworejo. Sejalan dengan tujuannya penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan rancangan etnografi.Data dikumpulkan melalui instrumemn berbentuk observasi, dokumentasi, wawancara mendalam. Data dianalisis dengan menggunakan metode analisis kualitatif metode interaktif. Hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan = 1.Interaksi pembelajaran mulok Bahasa Jawa merupakan suatu bentuk hubungan timbal balik antara guru dan siswa. Interaksi ini dilakukan oleh guru dengan memberikan stimulant kepada siswa, sehingga siswa mampu merespon apa yang diinstruksikan oleh guru. Intruksi ini sangat penting karena mampu mengetahui sampai dimana siswa mengerti dan memahami materi sejauh pelajaran mulok Bahasa Jawa yang disampaikan oleh guru. Dalam pelaksanaannya apabila interaksi pembelajaran yang saling memahami maka gairah belajar siswa semakin tinggi. 2. Media pembelajaran mulok bahasa jawa yang dimiliki SDN Guworejo kurang memadai hanya berupa gambar-gambar ditempel di dinding yang berupa gambar wayang serta tulisan huruf jawa. Karena media yang hanya berupa gambar selain kurang menarik juga kurang efektif. Gambar hanya terbatas dilihat berbeda bila bentuk nyata misal wayang dari kulit, VCD ataupun kaset. Metode pembelajaran merupakan salah satu komponen yang mempunyai peranan penting dalam kegiatan belajar mengajar. Jika media pembelajaran kurang menarik maka daya serap pembelajaran semakin kurang. 3.Aktivitas pembelajaran mulok Bahasa Jawa di kelas VI SDN Guworejo. Aktivitas merupakan kegiatan yang berhubungan dengan fisik maupun psikis. Aktivitas yang terjadi berkaitan dengan kegiatan guru dan siswa berupa materi yang hendak disampaikan pula metode yang digunakan. Semakin baik cara menyampaikan materi dan metode pembelajaran semakin tinggi gairah belajar siswa semakin tinggi pula.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengelolaan pembelajaran, muatan lokal Bahasa Jawa, Sekolah dasar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 30 May 2012 07:11 |
Last Modified: | 30 May 2012 13:06 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18942 |
Actions (login required)
View Item |