Innama, Dwikur (2012) Pengelolaan Pembelajaran Akuntansi Berbasis Praktek Studi Situs SMK Sukawati Gemolong, Sragen. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (194kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (32kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (136kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (133kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (161kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (29kB) |
||
PDF (Bab VI)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (28kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (28kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
RINGKASAN_THESIS.pdf Download (230kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pembelajaran akuntansi berbasis praktek oleh siswa Sekolah Menengah Kejuruan, terutama dalam proses pembelajaran akuntansi siswa Tingkat XI SMK Sukawati Gemolong, Sragen. Fokus penelitian ini adalah bagaimana karakteristik pengelolaan pembelajaran akuntansi pada siswa tingkat XI SMK Sukawati Gemolong, Sragen. Sub fokus penelitian ini adalah bagaimana karakteristik perencanaan pembelajaran akuntansi, bagaimana karakteristik media pembelajaran akuntansi, dan karakteristik evaluasi pembelajaran akuntansi. Adapun tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan karakteristik perencanaan pembelajaran akuntansi, karakteristik media pembelajaran akuntansi, dan karakteristik evaluasi pembelajaran akuntansi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan etnografi yaitu mendeskripsikan karakteristik pembelajaran, karakteristik media pembelajaran, dan karakteristik evaluasi pembelajaran akuntasi. Sebagai subyek peneliti adalah semua yang terlibat dalam pembelajaran akuntansi klas XI di SMK Sukawati Gemolong tahun pelajaran 2011/2012, baik kepala sekolah, guru maupun siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dan analisis dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Guru mengajar telah berpedoman pada rencana pembelajaran namun implementasinya di dalam kelas kurang sesuai. 2) Guru belum maksimal dalam menggunakan media pembelajaran yang tersedia. 3) Guru menyampaikan materi pembelajaran tentang jurnal transakasi perusahaaan dan buku besar menggunakan model kooperatif. 4). Evaluasi pembelajaran dilaksanakan setiap hari yaitu pada awal, saat pelaksanaan pembelajaran (di tengah), dan pada akhir kegiatan. Evaluasi berbentuk tes tulis, tes sikap, hasil kerja kelompok dan lainnya. Bentuk dan contoh evaluasi yang digunakan bervariasi tergantung materi yang sedang dipelajari
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pembelajaran akuntansi,dan berbasis praktek. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 30 May 2012 06:59 |
Last Modified: | 30 May 2012 13:14 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18941 |
Actions (login required)
View Item |