PENGARUH OPINI PUBLIK TERHADAP SPONSORSIP PRODUK MINUMAN BERSUPLEMEN DAN PRODUK ROKOK PADA PERTANDINGAN SEPAK BOLA

SURYANA, EKA (2008) PENGARUH OPINI PUBLIK TERHADAP SPONSORSIP PRODUK MINUMAN BERSUPLEMEN DAN PRODUK ROKOK PADA PERTANDINGAN SEPAK BOLA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
B100030241.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Seringnya produk minuman bersuplemen dan rokok mensponsori kegiatan olah raga sepak bola, menimbulkan opini dikalangan masyarakat. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka penulis merumuskan permasalahan, yaitu bagaimana pengaruh opini publik terhadap sponsorship produk minuman bersuplemen dan produk rokok pada pertandingan sepak bola Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kebiasaan merokok dan minum minuman bersuplemen berpengaruh terhadap sikap mengenai sponsorship minuman bersuplemen dan rokok pada pertandingan sepak bola. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh penggemar pertandingan sepak bola dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier sederhana. Analisis regresi digunakan untuk menggambarkan pengaruh variabel independen terhadap variable dependen. Hasil analisis regresi pada hipotesis pertama menunjukkan koefisien regresi opini publik adalah 0,153 dan signifikan p sebesar 0,007 (p<0,05). Nilai thitung pada variabel minuman bersuplemen adalah 2,756 diperoleh ttabel 1,984 maka thitung > ttabel (2,756 > 1,984), sehingga dapat disimpulkan bahwa kebiasaan minum minuman bersuplemen berpengaruh positif signifikan terhadap sponsorship minum minuman bersuplemen pada pertandingan sepak bola. Koefisien determinasi menunjukkan bahwa nilai R2 = 0,072 hal ini berarti bahwa kebiasaan minum minuman bersuplemen dapat memberikan konstribusi variabel sponsorship minuman bersuplemen pada pertandingan sepak bola sebesar 7,2% dan 92,8% dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian ini. Hasil analisis regresi pada hipotesis kedua menunjukkan koefisien regresi opini publik adalah 0,168 dan signifikan p sebesar 0,033 (p<0,05). Nilai thitung pada variabel kebiasaan merokok adalah 2,164 diperoleh ttabel 1,984 maka thitung > ttabel (2,164 > 1,984), sehingga dapat disimpulkan bahwa kebiasaan merokok berpengaruh positif signifikan terhadap sponsorship rokok pada pertandingan sepak bola. Koefisien determinasi menunjukkan bahwa nilai R2 = 0,046 hal ini berarti bahwa kebiasaanmerokok dapat memberikan konstribusi variabel sponsorship rokok pada pertandingan sepak bola sebesar 4,6% dan 95,4% dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian ini.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: merokok, minum-minuman bersuplemen dan opini publik.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Mr. Edy Suparno
Date Deposited: 29 May 2009 08:34
Last Modified: 17 Nov 2010 03:07
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/1893

Actions (login required)

View Item View Item