Ghoni, Abdul (2012) Pengelolaan Sarana Dan Prasarana Pembelajaran Sekolah Dasar (Studi Situs SD Negeri 1 Cepogo Boyolali). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan_1.pdf Download (136kB) |
|
|
PDF (Bab I)
bab_i.pdf Download (32kB) |
|
PDF (Bab II)
bab_ii.pdf Restricted to Repository staff only Download (54kB) |
||
PDF (Bab III)
bab_iii.pdf Restricted to Repository staff only Download (31kB) |
||
PDF (Bab IV)
bab_iv.pdf Restricted to Repository staff only Download (153kB) |
||
PDF (Bab V)
bab_v.pdf Restricted to Repository staff only Download (91kB) |
||
PDF (Bab Vi)
bab_vi.pdf Restricted to Repository staff only Download (9kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
daftar_pustaka.pdf Download (14kB) |
Abstract
Komponen sarana prasarana sangat dibutuhkan, pelaksanaan kegiatan pembelajaran membutuhkan alat dan fasilitas yang dapat mempelancar proses transformasi ilmu pengetahuan. Selain itu, peranan guru dalam mengajar merupakan hal yang sangat penting karena keterlibatan guru dalam menggunakan fasilitas dalam proses belajar mengajar. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan Karakteristik sumber pendanaan dan pengadaan sarana prasarana pembelajaran sekolah dasar di SD Negeri Cepogo 1 Boyolali. (2) untuk mendeskripsikan Karakteristik penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran sekolah dasar di SD Negeri Cepogo 1 Boyolali. (3) untuk mendeskripsikan Karakteristik perawatan sarana dan prasarana pembelajaran sekolah dasar di SD Negeri Cepogo 1 Boyolali. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan desain etnografi. Penelitian ini peneliti mengambil lokasi di SD Negeri Cepogo 1 Boyolali, dengan nara sumber informan dan key informan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Model analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode analisis data tertata dalam situs untuk diskripsi. Hasil penelitian ini adalah (1) Penyusunan sumber pendanaan dan pengadaan sarana prasarana pembelajaran direncanakan untuk keperluan pembelajaran selama satu tahun ajaran, direncanakan bersama dengan perencanaan sumber pendanaan untuk pos pengeluaran lain, seperti belanja pegawai, belanja pemeliharaan, dana belanja lain-lain. Penyusunan rencana biaya untuk keperluan sarana prasarana dilakukan melalui rapat dengan beberapa pihak diantaranya guru, komite sekolah, dan tokoh masyarakat agar tidak terjadi kesalah pahaman. Sumber pendanaan berasal dari APBN, APBD Provinsi, dan APBD Kabupaten. Sumber dana yang berasal dari APBN dialokasikan dari pos belanja berang/kegiatan, sumber dana dari APBD Provinsi maupun Kabupaten dialokasikan dalam ana bantuan operasional sekolah, dan dana pendukung BOS. (2) Penggunaan sarana prasarana pembelajaran di SD Negeri 1 Cepogo Boyolali dilakukan oleh guru kelas, guru olahraga, dan guru PAI, sesuai dengan kebutuhan pembelajaran. Dalam pengawasan, dilakukan oleh semua guru. Pengaturan penggunaan sarana prasarana di luar jam pembelajaran diatur oleh kepala sekolah, dengan cara peminjam mengajukan permohonan peminjaman yang ditunjukan kepala sekolah. Sarana prasarana yang sering dipinjam oleh guru berupa laptop. (3) Perawatan dilakukan terus-menerus, dan berskala. Perawatan dilakukan berdasarkan jadwal yang dibuat oleh kepala kompetensi. Sekolah melakukan pemeliharaan yang sifatnya sehari-hari. Perbaikan sarana dan prasarana yang sifatnya ringan dilakukan oleh pihak sekolah sendiri, tetapi apabila kerusakannya berat sekolah mendatangkan teknisi dari luar.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pendanaan, penggunaan, perawatan, sarana prasarana |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 29 May 2012 11:43 |
Last Modified: | 29 May 2012 11:43 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18925 |
Actions (login required)
View Item |