Supriyatno, Bambang (2012) Peran Kepala Sekolah Dalam Pengelolaan Pembelajaran Di SD 4 Gentan Kecamatan Susukan Kabupaten Semarang. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (275kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf Download (73kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_2.pdf Restricted to Repository staff only Download (158kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (105kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (160kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_5.pdf Restricted to Repository staff only Download (120kB) |
||
PDF (Bab VI)
BAB_6.pdf Restricted to Repository staff only Download (55kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (80kB) |
|
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (300kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) peran Kepala Sekolah dalam perencanaan pembelajaran di SD 4 Gentan Kecamatan Susukan Kabupaten Semarang. (2) peran Kepala Sekolah dalam pelaksanaan pembelajaran di SD 4 Gentan Kecamatan Susukan Kabupaten Semarang, dan (3) peran Kepala Sekolah dalam evaluasi pembelajaran di SD 4 Gentan Kecamatan Susukan Kabupaten Semarang. Penelitian dilakukan di SD 4 Gentan Kecamatan Susukan Kabupaten Semarang. Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi berpartisipasi, interview atau wawancara, dan dokumentasi. Analisis dalam penelitian kualitatif terdiri dari tiga komponen pokok yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan simpulan dengan verifikasinya. Hasil penelitian ini adalah (1) peran pokok Kepala Sekolah dalam perencanaan pembelajaran meliputi kegiatan: menyiapkan pengadaan pedoman pengembangan kurikulum berupa petunjuk pelaksanaan maupun petunjuk lainnya. Selain peran pokok tersebut di atas, Kepala sekolah mempunyai peran memberikan memotivasi guru yaitu dengan memberi dorongan kepada guru-guru agar aktif bekerja menurut prosedur dan metode tertentu sehingga pekerjaan itu berjalan dengan lancar mencapai sasaran, berupaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, dengan merencanakan perencanaan pembelajaran yang baik bersama dengan guru. (2) Kegiatan kepala sekolah dalam pelaksanaan pembelajaran dilakukan dengan cara memberi perintah, memberi petunjuk, mendorong semangat kerja, menegakkan disiplin, memberikan berbagai usaha lainnya sehingga guru dalam melaksanakan tugas mengikuti arah yang telah ditetapkan dalam petunjuk, peraturan atau pedoman yang telah ditetapkan. Sedangkan untuk menciptakan iklim yang kondusif, kepala sekolah menjalin persahabatan dengan guru dalam batas-batas kewajaran. (3) peran kepala sekolah dalam evaluasi pembelajaran dilakukan oleh kepala sekolah dengan cara melakukan pembinaan atau membimbing guru agar bekerja dengan benar dalam mendidik dan mengajar siswanya. Selain membina guru dalam proses mendidik dan mengajar, kepala sekolah membina pribadi, profesi dan pergaulan kepada masyarakat sekolah. Evaluasi pembelajaran mencakup pembuatan pertimbangan tentang jasa, nilai atau manfaat program, hasil dan proses pembelajaran. Sedangkan untuk evaluasi proses kegiatan belajar mengajar maupun hasil belajar siswa, kepala sekolah menyerahkan sepenuhnya kepada guru.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengelolaan, peran kepala sekolah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 29 May 2012 10:48 |
Last Modified: | 29 May 2012 10:48 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18918 |
Actions (login required)
View Item |