Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan (Studi Etnografi di SMA Negeri 1 Kartasura Sukoharjo)

Purwanto, Joko (2012) Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan (Studi Etnografi di SMA Negeri 1 Kartasura Sukoharjo). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._Halaman_Muka.pdf

Download (274kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (35kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (67kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (29kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (524kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (43kB)
[img] PDF (Bab VI)
08._BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._Daftar_Pustaka.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._Lampiran-lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (313kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah; (1) bagaimanakah ciri-ciri pembelajaran pendidikan jasmani olahraga kesehatan?; (2) bagaimanakah ciri-ciri pengorganisasian pembelajaran pendidikan jasmani olahraga kesehatan?; (3) bagaimanakah ciri-ciri pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani olahraga kesehatan? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Desain penelitian ini adalah menggunakan pendekatan etnografi. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Kartasura Sukoharjo. Subjek data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, dan orang tua siswa di SMA Negeri 1 Kartasura, Sukoharjo. Pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri dari menggunakan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Pada penelitian ini, metode analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif. Proses analisis data penelitian kualitatif yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan, verifikasi. Kesimpulan penelitian ini adalah: (1) kegiatan merancang, membuat, kesepakatan dan memutuskan secara kolektif dalam MGMP; Ketua MGMP Penjasorkes adalah guru Penjasorkes; mengerjakan pembuatan matrikulasi materi penjasorkes selama satu tahun pelajaran; pembagian jadwal, dan tempat pelaksanaan pembelajaran penjasorkes, dan pembuatan silabus dan RPP; terdapat matrikulasi untuk menentukan proporsi priorita s olahraga; persiapkan guru dengan standar isi, standar kompetensi dan mempelajari silabus untuk penyesuaian kaldik; sumber untuk menyusun persiapan mata Mapel Penjasorkes. (2) penentuan kompetensi dalam silabus dikembangkan dari kemampuan yang dimiliki oleh guru-guru Penjasorkes sendiri; pada program tahunan, pengorganisasiannya dilaksanakan berdasarkan kurikulum yang sebelumnya sudah ditetapkan dalam kurikulum di SMA; promes Penjasorkes di sini juga mengacu pada kurikulum; pengorganisasian rencana pembela jaran. (3) Pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani olahraga kesehatan, meliputi: guru yang memiliki tugas dan kewenangan pembelajaran yang sama ada 3 orang; seorang guru berhadapan dengan siswa sejumlah 100 orang; jam pelajaran Penjasorkes dilaksanakan secara inklusif dalam pembelajaran biasa; waktu pembelajaran 2 x 45 menit; pengelompokkan siswa dilakukan dengan pola satuan terpisah, yaitu berdasarkan kelas Pelajaran Penjasorkes dimulai pukul 07.00; siswa yang sakit dan tidak bisa mengikuti kegiatan olahraga, cukup dengan melapor ke guru Penjasorkes dan kemudian diperbolehkan tinggal di pinggir lapangan. (4) pengawasan pembelajaran melalui kunjungan kelas; Kepala SMA dalam salah satu kesempatan ambil bagian dalam kegiatan Penjasorkes; Pihak yang terlibat dalam pengawasan pembelajaran Penjasorkes adalah kepala sekolah, guru piket, juga Pengawas dari Dinas Pendidikan; teknik pengawasan pembelajaran Penjasorkes kepala sekolah didelegasikan kepada wakil kepala sekolah, humas, maupun guru piket; kepala sekolah membuat daftar hasil evaluasi berupa catatan-catatan tentang kegiatan belajar; teknik pengawasan oleh kepala sekolah bersifat individual.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran, penjasorkes
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 29 May 2012 08:44
Last Modified: 29 May 2012 08:44
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18907

Actions (login required)

View Item View Item