Prihayanti, Wati (2011) Strategi Peningkatan Mutu Lulusan( Studi Situs di SMP Negeri 1 Kota Magelang). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan )
COVER_TESIS.pdf Download (52kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (37kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (108kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (55kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (372kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (46kB) |
||
PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (26kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA..pdf Download (20kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Fokus penelitian ini adalah bagaimanakah strategi peningkatan mutu lulusan di SMP Negeri 1 Kota Magelang. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan strategi kepala sekolah dalam peningkatan mutu lulusan di SMP Negeri 1 Magelang (2) Untuk mendeskripsikan strategi guru dalam peningkatan mutu lulusan di SMP Negeri 1 Magelang (3) Untuk mendeskripsikan strategi siswa dalam peningkatan mutu lulusan di SMP Negeri 1 Magelang. Metode penelitian menggunakan jenis penelitian kualitatif, desain penelitian menggunakan penelitian etnografi, sedangkan lokasi penelitian dilakukan di SMP Negeri 1 Kota Magelang yang terletak di Jalan Pahlawan No 66 Kecamatan Magelang Utara Kota Magelang. Kehadiran peneliti merupakan keharusan untuk mengumpulkan data. Data, sumber data dan narasumber dapat diperoleh dari informan ataupun kepala sekolah, wakil kepala urusan kurikulum, guru, dan siswa, Teknik pengumpulan data dengan wawancara mendalam, observasi langsung, dokumen dan arsip. Sedangkan teknik analisis data dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data memiliki empat kriteria yaitu derajat kepercayaan, keteralihan, ketergantungan, dan kepastian. Hasil penelitian sebagai berikut: (1) strategi kepala sekolah dalam meningkatkan mutu lulusan adalah kedisplinan, program jabat tangan dengan siswa, program mengaji mandiri, program jam kenol dengan grade nilai siswa, menjalin komunikasi dengan wali murid, dan mencari informasi tentang perkembangan Ujian Nasional. (2) strategi guru dalam peningkatan mutu lulusan adalah pembagian tugas yang jelas khususnya bagi guru kelas IX, kelengkapan administrasi pembelajaran, kelengkapan sarana prasarana, dan satu mata pelajaran diampu oleh dua guru. (3) strategi siswa dalam peningkatan mutu lulusan adalah adanya seleksi siswa yang masuk di SMP Negeri 1, mengikuti tryout, mengikuti les privat maupun di bimbingan belajar, dan pendekatan keagamaan melalui shalat dhuha dan ESQ (Emotional Spiritual Quotion)
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | strategi kepala sekolah, guru, siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 29 May 2012 08:25 |
Last Modified: | 29 May 2012 08:25 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18906 |
Actions (login required)
View Item |