Pengelolaan Sekolah Dasar Berbasis Regrouping (Study Situs SDN Umbulrejo dan SDN Ponjong IV Kecamatan Ponjong Kabupaten Gunungkidul)

Kartiko, Kartiko (2011) Pengelolaan Sekolah Dasar Berbasis Regrouping (Study Situs SDN Umbulrejo dan SDN Ponjong IV Kecamatan Ponjong Kabupaten Gunungkidul). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (238kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (105kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (207kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (392kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (196kB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (60kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (119kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (252kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) mendeskripsikan pengelolaan guru SD Umbulrejo dan Ponjong IV setelah digabung, 2) mendeskripsikan pengelolaan sarana dan prasarana SD Umbulrejo dan Ponjong IV setelah digabung, dan 3) mendeskripsikan dana SD Umbulrejo dan SD Ponjong IV setelah digabung. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan desain etnografi untuk mengkaji dan mendeskripsikan fenomena pengelolaan guru, sarana dan prasarana, dan dana sekolah setelah digabung. Data dikumpulkan dengan wawancara mendalam, observasi, dan dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display data, penarikan kesimpulan, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pengelolaan guru yang benar menjadikan produktivitas kinerja guru semakin baik. Penggabungan sekolah memberikan dampak positif dengan meningkatnya kualitas belajar mengajar semakin baik, terbukti dengan cara guru mengajar yang lebih baik, metode mengajar yang digunakan bervariasi, penguasaan materi oleh guru semakin baik, dan peran aktif siswa dalam pembelajaran di kelas, prestasi akademik dan nonakademik siswa semakin meningkat, 2) pengelolaan sarana dan prasarana sekolah setelah penggabungan bisa semakin baik. Siswa dapat menggunakan sarana dan prasarana sesuai dengan kegiatan KBM tanpa kekurangan alat, 3) pengelolaan dana setelah penggabungan nampak pada pemasukan sekolah menjadi lebih banyak dan pengeluaran menjadi lebih efisien, sehingga dapat membiayai lebih banyak kegiatan pembelajaran, pemanfaatan fasilitas sarana dan prasarana dapat secara optimal.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: regrouping, pengelolaan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Mulyadi Mulyadi
Date Deposited: 29 May 2012 07:08
Last Modified: 29 May 2012 07:08
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18903

Actions (login required)

View Item View Item