Pengelolaan Nilai-Nilai Budi Pekerti Di SDIT Ar-Rahmah Pacitan

Kristyaningsih, Enis (2012) Pengelolaan Nilai-Nilai Budi Pekerti Di SDIT Ar-Rahmah Pacitan. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
ATRIBUT_TESIS_FINAL.pdf

Download (140kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
TESIS_BAB_1.pdf

Download (55kB)
[img] PDF (Bab II)
TESIS_BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)
[img] PDF (Bab III)
TESIS_BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (75kB)
[img] PDF (Bab IV)
TESIS_BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (164kB)
[img] PDF (Bab V)
TESIS_BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img] PDF (Bab VI)
TESIS_BAB_6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (46kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (34kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) karakteristik penanaman nilai-nilai budi pekerti di SDIT Ar-Rahmah Pacitan, (2) karakteristik peran kepala sekolah dan guru dalam penanaman nilai-nilai budi pekerti di SDIT Ar-Rahmah Pacitan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain etnografi. Penelitian ini dilaksanakan di SDIT Ar-Rahmah Pacitan. Nara sumber dalam penelitian adalah kepala sekolah, guru, dan siswa. Metode pengumpulan data adalah observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penanaman nilai-nilai budi pekerti dilaksanakan dengan dua cara yaitu pengintegrasian dalam mata pelajaran dan melaui kegiatan pembiasaan. Dalam pengintegrasian mata pelajaran, guru menyelipkan nilai-nilai budi pekerti kepada siswa sesuai dengan tema atau materi pelajaran yang diberikan. Sementara itu, penanaman nilai-nilai budi pekerti melalui kegiatan pembiasaan dilakukan melalui kegiatan pembiasaan rutin, pembiasaan terprogram, pembiasaan keteladanan, dan pembiasaan sikap nasionalisme. Nilai-nilai yang ditanamkan antara lain adalah nilai reliugilitas, sosialitas, gender, keadilan, demokrasi, kejujuran, kemandirian, tanggung jawab, kepedulian terhadap lingkungan, kerjasama, dan sebagainya; (2) Peran kepala sekolah dalam penanman budi pekerti dilakukan melalui penetapan kebijakan sekolah seperti program kegiatan pembiasaan rutin dan pembiasaan terprogram. Penanaman nilai juga dilakukan dengan menunjukkan sikap ramah, bersahaja, dan berwibawa yang dapat dijadikan teladan bagi siswa. Tidak jarang kepala sekolah menggunakan kesempatan pembinaan pada upacara hari Senin dalam penanaman nilai budi pekerti. Peran guru dalam penanaman budi pekerti antara lain melaksanakan pembelajaran yang kreatif dengan menggunakan model dan pendekatan pembelajaran yang dapat meningkatkan peran siswa, penanaman nilai kerjasama, kejujuran, kepedulian terhadap lingkungan, dan nasionalisme melalui penggunaan bahasa jawa dalam kegiatan pembelajaran. Peran guru dalam penanaman nilai-nilai budi pekerti adalah guru memerankan dirinya layaknya orang tua, teman, dan saudara bagi siswa. Guru memberikan bimbingan, pengawasan, dan pengarahan kepada siswa. Guru juga berperan aktif untuk membantu kesulitan belajar siswa di sekolah.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Additional Information: Rak Q100/2012-02
Uncontrolled Keywords: nilai-nilai budi pekerti, penanaman nilai budi pekerti, peran sekolah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 29 May 2012 06:45
Last Modified: 31 Jul 2012 06:44
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18901

Actions (login required)

View Item View Item