Sutarno, Sutarno (2011) Pengendalian Mutu Pembelajaran di SMK Negeri 2 Wonogiri. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (281kB) |
|
|
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf Download (87kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (194kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (29kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (305kB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (108kB) |
||
PDF (Bab VI)
08._BAB_VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (15kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (10kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (614kB) |
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan mutu input pembelajaran di SMK Negeri 2 Wonogiri; 2) Mendeskripsikan pengendalian mutu proses pembelajaran di SMK Negeri 2 Wonogiri; 3) Mendeskripsikan pengendalian mutu output pembelajaran di SMK Negeri 2 Wonogiri. Metode penelitian ini menggunakan jenis kualitatif fenomenologis. Lokasi penelitiannya adalah SMK Negeri 2 Wonogiri. Teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Adapun teknik analisa data menggunakan reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Kemudian keabsahan datanya berupa triangulasi sumber, triangulasi metode dan review. Hasil penelitian ini adalah: 1) Pengendalian mutu input pembelajaran di SMK N 2 Wonogiri: Perencanaan mutu input melibatkan kepala sekolah, guru, dan komite dengan prinsip kebersamaan, dibicarakan jauh-jauh hari, dikaji dalam pertemuan bulanan, mempertimbangkan kapasitas guru, dan kelayakan sarana prasarana pembelajaran. Pengorganisasian mutu input ditugaskan kepada guru untuk menangani penerimaan siswa baru, pengaturan sarana prasarana, fasilitas, dan media pembelajaran. Pelaksanaan mutu input, guru-guru yang ditugasi melakukan inventarisasi, pengadaan, penggunaan, perawatan, perbaikan, penghapusan srana prasarana, fasilitas dan media pembelajaran. 2) Pengendalian mutu proses pembelajaran di SMK N 2 Wonogiri; Perencanaan mutu proses bertujuan untuk mencapai target yaitu keberhasilan pembelajaran siswa yang ditandai ketuntasan belajar. Pengorganisasian mutu proses diawali dengan pembagian kelas, pembagian tugas mengajar ditandai penerbitan surat tugas. Pelaksanaan mutu proses, guru mengajar berdasarkan perangkat pembelajaran, berupa kalender pendidikan, program tahunan, program semester, silabus penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran. Kepala sekolah memotivasi guru dengan mengadakan refleksi sebelum pulang sekolah untuk menangani berbagai permasalahan yang dialami guru selama mengajar; 3) Perencanaan pengelolaan mutu output dilakukan oleh kepala sekolah bersama guru. Perencanaan pengelolaan mutu output meliputi prestasi tingkat kelulusan, kriteria ketuntasan minimal. Kepala sekolah mengagendakan pembentukan tim dalam menyukseskan kualitas lulusan sekolah. Guru mengagendakan kegiatan jam tambahan berdasarkan pengarahan kepala sekolah. Pengorganisasian pengelolaan mutu output prestasi tingkat kelulusan, kriteria ketuntasan minimal dilakukan kepala sekolah kepada semua guru. Kepala sekolah mengorganisir pembentukan tim dalam menyukseskan kualitas lulusan sekolah berdasarkan kompetensi yang dimiliki masing-masing guru.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengendalian mutu, pembelajaran |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 29 May 2012 06:22 |
Last Modified: | 29 May 2012 06:22 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/18899 |
Actions (login required)
View Item |